Kajian Peran Psychological Capital dalam Membentuk Safety Performance.

Dewi, Desak Nyoman Arista Retno (2015) Kajian Peran Psychological Capital dalam Membentuk Safety Performance. In: Seminar Nasional Positive Psychology 2015 Embracing A New Way of Life: Promoting Positive For Better A Mental Health Fakultas Psikologi UKWMS, 12 Desember 2015, Fakultas Psikologi UKWMS.

[thumbnail of Kajian Peran Psychological Capital dalam Membentuk Safety Performance.] Text (Kajian Peran Psychological Capital dalam Membentuk Safety Performance.)
8p-Kajian_peran_psychological_.pdf

Download (944kB)

Abstract

Safety performance adalah model perilaku yang menekankan pada keselamatan di tempat kerja. Melalui model perilaku ini karyawan mengarahkan perilaku kerjanya dalam mendukung terwujudnya lingkungan kerja yang aman dan sehat. Bagian dari kinerja, pengukuran safety performance yang meliputi safety compliance (kepatuhan pada peraturan keselamatan kerja) dan safety participation (partisipasi dalam aktivitas keselamatan) didasarkan pada faktor penentu dan anteseden yang mempengaruhinya. Pada umumnya faktor penentu safety performance adalah pengetahuan dan keterampilan terkait dengan keselamatan (safety knowledge dan skill) dan motivasi untuk mengaplikasikan keselamatan (safety motivation). Sedangkan faktor anteseden yang mempengaruhi meliputi faktor organisasi dan faktor individual. Pada faktor organisasi, budaya dan iklim organisasi yang berhubungan dengan keselamatan, kepemimpinan transformasional, karakteristik pekerjaan, dan tingkat kecelakaan terbukti memiliki pengaruh terhadap safety performance. Sedangkan karakteristik kepribadian (conscientiousness dan negative affectivity), mindfulness, pengalaman kerja, dan kemampuan kognitif menjadi faktor individual yang turut mempengaruhi safety performance. Namun demikian faktor individual lain yang dapat juga mempengaruhi adalah kapasitas psikologis positif (psychological capital) yang dimilikinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital memiliki pengaruh terhadap sikap, perilaku dan kinerja individu dalam organisasi. Dikaitkan safety performance, maka individu yang mampu mengoptimalkan kapasitas psikologis positifnya, yang meliiputi self- efficacy, hope, optimism dan resiliency, akan mendukung perilaku kerja dan kinerjanya yang berhubungan dengan keselamatan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: safety performance, psychological capital, self-efficacy, hope, optimism, resiliency
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Aug 2024 06:34
Last Modified: 14 Aug 2024 06:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40839

Actions (login required)

View Item View Item