Flexible work arrangement dan work-life balance pada generasi milenial

Widyanti, Priscila Rosa Kinasih and Dewi, Desak Nyoman Arista Retno (2023) Flexible work arrangement dan work-life balance pada generasi milenial. Jurnal Psikologi Udayana, 10 (2). pp. 334-342. ISSN e-ISSN: 2654 4024 p-ISSN: 2354 5607

[thumbnail of Flexible work arrangement dan work-life balance pada generasi milenial] Text (Flexible work arrangement dan work-life balance pada generasi milenial)
4-Flexible_work_arrangement_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini karyawan generasi milenial merupakan kelompok kerja yang mendominasi lapangan kerja di Indonesia. Para karyawan generasi milenial ditandai dengan adanya kesadaran untuk mendapatkan work-life balance. Hal ini sejalan dengan hasil survey yang menunjukkan bahwa mayoritas karyawan generasi milenial menginginkan adanya keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kehidupan kerjanya. Kesempatan untuk menerapkan fleksibilitas kerja (flexible work arrangement) dipercaya dapat berpengaruh terhadap kondisi work-life balance karyawan. Pada situasi pandemi covid-19, penerapan pola bekerja dari rumah membuat penerapan flexible work arrangement menjadi hal yang menantang untuk bisa mendapatkan work-life balance. Hal ini dikarenakan waktu kerja yang justru melebihi jam kerja seharusnya. Tujuan penelitian ini menganalisa pengaruh penerapan flexible work arrangement terhadap kondisi work-life balance pada karyawan generasi milenial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan work-life balance sebagai variabel tergantung dan flexible work arrangement sebagai variabel bebas. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert dengan lima alternatif pilihan jawaban. Subjek penelitian adalah karyawan generasi milenial yang bekerja dengan sistem hybrid atau gabungan antara work from home dan work from office. Analisis data menggunakan uji korelasi non parametric kendall’s tau-b karena salah satu uji asumsi tidak terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,332 > 0,05 yang berarti tidak ada pengaruh antara flexible work arrangement dengan work-life balance. Terdapat faktor-faktor lain yang lebih bersifat personal yang dapat mendukung pencapaian work-life balance pada karyawan generasi milenial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Flexible work arrangement; Millennial generation; Work-life balance
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:53
Last Modified: 09 Aug 2024 07:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40755

Actions (login required)

View Item View Item