Perbandingan metode analisis pengukuran warna menggunakan instrumen spektrofotometri dan kolorimetri (skala warna cokelat menurut european pharmacopoeia edisi x)

Gerrits, Frisca Monika (2024) Perbandingan metode analisis pengukuran warna menggunakan instrumen spektrofotometri dan kolorimetri (skala warna cokelat menurut european pharmacopoeia edisi x). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengukuran warna adalah salah satu aspek penting dalam berbagai aspek pengembangan farmasi yang berdampak pada strategi pengendalian zat obat, indikator kualitas, serta penampilan fisik obat. Metode pengukuran warna dilakukan dengan menggunakan instrumen spektrofotometri dan kolorimetri, yang dapat memberikan data lebih objektif daripada melalui pengamatan subjektif yang dilakukan oleh beberapa orang. Pada penelitian ini, peneliti akan membuat 3 larutan primer, 5 larutan standar, dan 5 larutan pembanding yang dilakukan sebanyak 3 replikasi. Hasil penelitian ini menggunakan metode uji paired sample t-test yang akan menujukkan perbandingan pada kedua instrumen. Hasil pengukuran warna dengan menggunakan dua instrumen dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil antara koordinat warna L*, a* dan b*. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa dari beberapa data tidak terdapat perbedaan signifikan <0,05 dan terdapat beberapa data juga yang memiliki perbedaan signifikan >0,05. Pada perhitungan ∆E dapat diketahui bahwa pada tiap sampel larutan dengan instrumen kolorimetri dan spektrofotometri memperoleh 2 data ∆E yang berbeda yaitu >1,5 yang artinya perbedaan warna dapat dirasakan dan <1,5 perbedaan warna tidak dapat dirasakan. Sehingga, pada kedua instrumen yaitu spektrofotometri dan kolorimetri dapat disimpulkan berbeda dan tidak dapat saling menggantikan satu dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Diana, Diana
NIDN0702028703
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kolorimetri, spektrofotometri, pengukurann warna
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Frisca Monika Gerrits
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:44
Last Modified: 18 Jul 2024 04:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40188

Actions (login required)

View Item View Item