Validasi metode identifikasi parasetamol dan natrium diklofenak dalam sediaan jamu pegal linu secara kromatografi lapis tipis

Suryani, Maria Graceana (2024) Validasi metode identifikasi parasetamol dan natrium diklofenak dalam sediaan jamu pegal linu secara kromatografi lapis tipis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
NEW ABSTRAK MARIA GRACEANA.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy

Abstract

Jamu merupakan jenis obat tradisional yang berasal dari bahan tanaman maupun dari hewan yang disajikan secara tradisional dalam bentuk serbuk, seduhan, cair, pil atau kapsul. Persyaratan jamu agar layak untuk dikonsumsi adalah tidak boleh mengandung BKO (Bahan Kimia Obat). Salah satu jamu yang banyak beredar dan bisa didapatkan dengan bebas di masyarakat adalah jamu pegal linu. Parasetamol dan natrium diklofenak merupakan BKO yang dicurigai digunakan dalam jamu pegal linu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya kandungan BKO parasetamol dan natrium diklofenak dalam jamu pegal linu menggunakan metode KLT-Densitometri yang sudah tervalidasi. Kategori validasi dalam penelitian adalah validasi kategori II yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya cemaran atau pengotor dalam jamu. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah selektivitas dan uji batas deteksi (limit of detection). Pada penelitian ini digunakan fase gerak terpilih yaitu kloroform : etanol (90:10, v/v). Noda yang telah ditotolkan pada plat KLT, dieluasi, dan diamati pada densitometer pada panjang gelombang 263 nm. Parasetamol memiliki nilai Rf 0,576 dan natrium diklofenak 0,781 dengan nilai Rs 2,73. Nilai batas deteksi (LOD) dari parasetamol adalah 0,6456 µg (1,2913 mg/ kapsul jamu pegal linu) dan natrium diklofenak adalah 1,4923 µg (2,9846 mg/ kapsul jamu pegal linu). Metode yang sudah tervalidasi diaplikasikan pada 10 sampel jamu pegal linu yang beredar dimasyarakat dan didapati 4 sampel jamu yang positif mengandung parasetamol dan atau natrium diklofenak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiawan, Henry Kurnia
NIDN0721027101
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Parasetamol, Natrium diklofenak, pegal linu, kromatografi lapis tipis, validasi.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Maria Graceana Suryani
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:09
Last Modified: 16 Jul 2024 04:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40183

Actions (login required)

View Item View Item