Perbandingan metode analisis pengukuran warna menggunakan instrumen spektrofotometri dan kolorimetri (Skala warna merah menurut european pharmacopoeia edisi x)

Lisa, Putri Novianti (2024) Perbandingan metode analisis pengukuran warna menggunakan instrumen spektrofotometri dan kolorimetri (Skala warna merah menurut european pharmacopoeia edisi x). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 PUTRI FARMASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 PUTRI FARMASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 PUTRI FARMASI.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN PUTRI FARMASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Warna adalah salah satu aspek yang berperan penting dalam bidang kefarmasian, contohnya seperti pemilihan warna pada tablet dan kapsul untuk upaya pemasaran, branding, dan antipemalsuan. Warna juga merupakan karakteristik yang dapat menunjukkan adanya kontaminasi, pengotor atau terjadinya degradasi suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur warna secara objektif menggunakan dua instrumen yang umumnya dipakai dalam pengukuran warna yaitu spektrofotometer UV-Vis dan kolorimeter dan membandingkan hasil pembacaandari kedua instrumen tersebut. Sampel pengukuran warna menggunakan larutan pembanding merah menurut Farmakope Eropa edisi sepuluh. Hasil pembacaan koordinat warna pada larutan pembanding menunjukkan bahwa nilai koordinat L* yang menginterpretasikan kecerahan mengalami kenaikan pada setiap larutan pembanding, sedangkan pada nilai koordinat a* dan b* mendapatkan nilai dengan arah positif yang mana menunjukkan arah warna merah dan kuning. Hasil dari pengukuran menggunakan kedua instrumen kemudian di bandingkan menggunakan Paired Sample T-Test, yang mana didapatkan 2 kelompok hasil yakni 13 data memiliki nilai signifikansi p>0,05 dan 8 data memiliki nilai signifikansi p<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua instrumen tersebut tidak dapat menggantikan satu dengan yang lain. Pada penelitian ini juga dilakukan pengukuran pada setiap pembanding yang berbeda. Hasil pada instrumen kolorimetri dan spektrofotometri menunjukkan adanya perbedaan warna yang tidak dapat dirasakan mata manusia ada diantara larutan pembanding R6 dan R7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Diana, Diana
NIDN0702028703
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kolorimetri, spektrofotometri, pengukuran warna.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Putri Novianti Lisa
Date Deposited: 17 Jul 2024 00:38
Last Modified: 17 Jul 2024 00:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40182

Actions (login required)

View Item View Item