Brilianto, Yuvargo (2024) Gambaran time management pada penjoki game mobile legends yang menjadi karyawan di bidang IT. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan teknologi oleh manusia saat ini berkembang sangat pesat. Di zaman sekarang sudah banyak teknologi baru yang diciptakan manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia seperti HP, Komputer, Laptop, dan lain-lain. Selain itu, game juga berkembang seiring berkembangnya zaman. Salah satu game online yang banyak peminatnya di Indonesia yaitu game Mobile Legends. Saat ini game online bisa menjadi pilihan karir di dunia kompetitif bagi sebagian pemain. Hal itu menciptakan pekerjaan baru berupa atlit E-Sports dan penjoki game. Penjoki game bisa dari kalangan mana saja dari anak SMP hingga karyawan di bidang IT. Penjoki bisa menghabiskan waktu hingga 10 jam untuk menyelesaikan orderan joki sedangkan untuk seorang karyawan di bidang IT bisa bekerja hingga 40-80 jam seminggu. Hal ini bisa menjadi masalah dalam time management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran time management pada penjoki game Mobile Legends yang menjadi karyawan di bidang IT. Informan pada penelitian ini berupa penjoki game Mobile Legends yang menjadi karyawan di bidang IT selama 1 tahun. Proses pengambilan data dilakukan secara wawancara selama 3 kali untuk 1 informan. Hasil penelitian ini ditunjukkan 2 informan memiliki time management yang baik dikarenakan 2 informan tersebut sudah terbiasa sejak kecil untuk mengatur waktunya dan memiliki pengalaman setelah mencoba berusaha mengatur waktu dalam kegiatan sehari-harinya sedangkan 1 informan tidak memiliki kebiasaan dari kecil untuk mengatur waktunya dan beranggapan bahwa time management akan menghambat rejeki atau penghasilan yang didapat. Kesimpulannya adalah terdapat gambaran time management pada penjoki game Mobile Legends yang menjadi karyawan di bidang IT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Repi, Andhika Alexander NIDN0701079101 andhika@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Game online, time management |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Yuvargo Brilianto |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:38 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:38 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |