Pengembangan bahan ajar digital model inkuiri terbimbing pada pokok bahasan pengukuran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA

Gaizca, Rovyno Jose (2024) Pengembangan bahan ajar digital model inkuiri terbimbing pada pokok bahasan pengukuran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital pada materi pengukuran dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri I Ngoro Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode R & D (Research & Development). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Perangkat yang digunakan antara lain modul ajar, bahan ajar digital, Rencana Evaluasi (RE), keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Hasil analisis modul ajar mendapat skor sebesar 3,51 dengan kategori kevalidan “sangat baik”, bahan ajar digital mendapat skor sebesar 3,18 dengan kategori kevalidan “baik”, RE mendapat skor sebesar 3,13 dengan kategori kevalidan “baik”, keterlaksanaan modul ajar mendapat skor sebesar 3,20 dengan kategori “baik”, peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai sebesar 0,39 dengan kategori “sedang”, dan respon peserta didik memperoleh skor sebesar 2,85 dengan kategori “baik”. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Bahan Ajar Digital, hasil belajar, inkuiri terbimbing, pengukuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koswojo, Jane
NIDN0724079104
janekoswojo@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar digital, hasil belajar, inkuiri terbimbing, pengukuran.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Rovyno Jose Gaizca
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:10
Last Modified: 15 Jul 2024 04:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40071

Actions (login required)

View Item View Item