Validasi metode identifikasi sildenafil sitrat dan parasetamol dalam serbuk kopi penambah stamina secara kromatografi lapis tipis - densitometri

Lombu, Viver Eunike Nathania (2024) Validasi metode identifikasi sildenafil sitrat dan parasetamol dalam serbuk kopi penambah stamina secara kromatografi lapis tipis - densitometri. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang cukup digemari oleh kalangan masyarakat, sehingga banyak industri mengembangkan produk kopi dengan memanfaatkan bahan alam dengan berbagai macam khasiat, salah satunya kopi penambah stamina. Berdasarkan lampiran public warning yang dikeluarkan oleh BPOM, masih terdapat banyak produk kopi penambah stamina yang mengandung bahan kimia obat (BKO) sildenafil sitrat dan parasetamol. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh metode tervalidasi yang dapat mengidentifikasi sildenafil sitrat dan parasetamol dalam kopi penambah stamina secara Kromatografi Lapis Tipis KLT) – Densitometri. Penelitian ini menggunakan metode KLT-Densitometri karena selain prinsip kromatografi yaitu pemisahan, metode ini relatif terjangkau dan sederhana. Kategori validasi yang digunakan adalah kategori II bagian batas deteksi dengan tujuan untuk mengidentifikasi pengotor dalam produk jadi yang terdiri atas 2 parameter uji, yaitu selektivitas dan batas deteksi (LOD). Plat KLT dieluasi dengan fase gerak terpilih yaitu etil asetat : metanol : amonia (45 : 1,5 : 0,5, v/v/v) kemudian diamati dengan densitometer pada panjang gelombang 234 nm. Nilai Rf sildenafil sitrat adalah 0,2 dan untuk parasetamol sebesar 0,58 dengan keterpisahan yang baik antara sildenafil sitrat, parasetamol, dan matriks kopi. Nilai LOD yang didapat untuk sildenafil sitrat adalah sebesar 7,7325 µg/ml (3,093 mg/20.000 mg sampel) dan LOD untuk parasetamol sebesar 3,8028 µg/ml (1,5211 mg/20.000 mg sampel). Metode diaplikasikan pada 11 sampel kopi penambah stamina yang beredar di pasaran. Dari 11 sampel kopi yang dianalisa, terdapat 10 sampel yang mengandung sildenafil sitrat dan 1 sampel kopi mengandung sildenafil sitrat dan parasetamol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiawan, Henry Kurnia
NIDN0721027101
henry@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Jessica, Maria Anabella
NIDN0726119501
marbel@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: sildenafil sitrat, parasetamol, kopi penambah stamina, kromatografi lapis tipis, densitometri
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Viver Eunike Nathania Lombu
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:47
Last Modified: 09 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40005

Actions (login required)

View Item View Item