Ardiyanto, Devina Atalia (2024) Penggunaan E-office dalam mendukung manajemen surat menyurat internal di PT PAL Indonesia. Diploma thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Laporan Tugas Akir ini dibuat untuk mengetahui cara PT PAL Indonesia menggunakan aplikasi e-office untuk melakukan aktivitas surat menyurat seperti mengatur surat masuk dan surat keluar. Pengamatan ini dilatarbelakangi oleh adanya aktivitas surat menyurat yang sering dilakukan oleh PT PAL Indonesia sehingga dampaknya perusahaan memiliki volume dokumen yang tinggi mulai dari surat persetujuan, memo, permohonan, dan lain sebagainya. Laporan Tugas Akhir ini menjabarkan mengenai pengelolaan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan aplikasi e-office PT PAL Indonesia. Pada manajemen surat masuk terdapat tiga tahapan yaitu, penerimaan, pengarahan, dan tindak lanjut. Sedangkan untuk manajemen surat keluar terdapat lima tahapan yaitu, pembuatan konsep, penomoran dan persetujuan, penggandaan, penyimpanan surat fisik, dan pengiriman. Informasi yang digunakan sebagai pedoman dalam pengamatan ini diperoleh dari buku, karya ilmiah atau jurnal, dan internet. Pengelolaan surat menyurat yang baik perlu memperhatikan keamanan dan keutuhan dokumen tersebut serta penting memperhatikan keefektifan dan efisiensi dalam aktivita surat menyurat. Melalui pengamatan selama melaksanakan kegiatan PKL di PT PAL Indonesia, dapat diketahui bahwa tidak semua tahapan pengelolaan surat menyurat dapat dilakukan oleh aplikasi e-office, tetapi ada beberapa tahapan yang masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, Laporan Tugas Akhir ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi terkait penggunaan aplikasi e-office guna mendukung mendukung kelangsungan dan mendorong kinerja karyawan menjadi lebih baik lagi dalam pengelolaan dokumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Department: | D3 - Administrasi Perkantoran |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Cendra, Anastasia Nelladia NIDN0709069401 anastasia.cendra@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Surat, pengelolaan surat, penggunaan e-office. |
Subjects: | Business > Accounting Diploma |
Divisions: | Faculty of Vocational > Office Administration Diploma Study Program |
Depositing User: | Devina Atalia Ardiyanto |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 02:02 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 02:02 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |