Indrawati, Yulia (2014) Perancangan sistem pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard pada SMA Katolik Santa Agnes Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (308kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (161kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (174kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi terhadap pendidikan yang bermutu menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan perubahan bangsa Indonesia menuju kearah yang lebih baik. Sehingga sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan yang tidak berorientasi pada keuntungan perlu mengukur kinerjanya dengan menggunakan metode balanced scorecard. Balanced scorecard melengkapi aspek pengukuran kinerja tradisional yang hanya melihat kinerja suatu organisasi dari aspek keuangan. Balanced scorecard mengukur kinerja dari perspektif keuangan dan non keuangan yang meliputi perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Balanced scorecard berkaitan pula dengan critical success factors organisasi yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi dari masing-masing perspektif non keuangan terhadap perspektif keuangan, guna mengetahui perspektif mana yang membutuhkan perhatian khusus agar dapat membantu organisasi dalam meningkatkan kinerjanya. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Katolik Santa Agnes Surabaya menunjukkan bahwa jumlah siswa dan prestasi siswa cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun sehingga kinerja sekolah harus terus-menerus ditingkatkan. Dengan adanya perancangan sistem pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard, dapat membantu organisasi untuk menemukan penyebab terjadinya permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi organisasi. Serta membantu organisasai untuk mencari langkah-langkah yang terbaik dalam menghadapi permasalahan yang ada. Sehingga organisasi dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menerapkan strategi-strategi yang sesuai dengan kondisi sekolah guna meningkatkan kinerja sekolah sebagai suatu institusi pendidikan yang harus terus meningkat kualitas pendidikannya untuk melayani kebutuhan pendidikan dari generasi ke generasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Balanced scorecard, critical success factors, sistem pengukuran kinerja |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Operator Teknis |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 07:36 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 07:36 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3975 |
Actions (login required)
View Item |