Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand Awareness pada Portal Kaldera News.com

Sutanto, Johanes and Purnama, Finsensius Yuli (2023) Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand Awareness pada Portal Kaldera News.com. Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand Awareness pada Portal Kaldera News.com, 5 (2). pp. 119-130. ISSN pISSN: 2656-2057 eISSN: 2656-8519

[thumbnail of Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand Awareness pada Portal Kaldera News.com] Text (Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand Awareness pada Portal Kaldera News.com)
8. Strategi_empat_pilar_dalam_.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand Awareness pada Portal Kaldera News.com] Text (Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand Awareness pada Portal Kaldera News.com)
7. Strategi_empat_pilar_dalam_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan Integrated Marketing Communication (IMC) atau Komunikasi Pemasaran Terpadu menjadi sebuah keniscayaan di tengah persaingan dan penetrasi bisnis yang kian ketat dewasa ini. Salah satu trend penerapan IMC dalam membangun brand awareness (kesadaran merek) kini telah berorientasi pada paradigma baru yang tidak lagi fokus untuk mencari pelanggan baru, tetapi pada upaya membangun merek dan menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini menganalisis bagaimana strategi IMC yang diterapkan pada situs KalderaNews.com sebagai upaya membangun brand awareness. Jika pada umumnya IMC diterapkan di lembaga profit, maka kekhasan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi tersebut diterapkan di sebuah portal berita nirlaba yang berfokus pada dunia pe ndidikan dan teknologi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) dan analisis dokumen. Informan penelitian ini adalah Editor in Chief KalderaNews.com, Social Media Officer KalderaNews.com, dan Business Development alderaNews.com. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa KalderaNews.com memfokuskan upaya membangun brand awareness dengan strategi empat pilar, yakni sponsorship, sales promotion (promosi penjualan), social media marketing (pemasaran media sosial) dan direct marketing (pemasaran langsung) sebagai upaya efisiensi dana dan sumber daya manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi empat pilar, Integrated Marketing Communication, brand awareness, KalderaNews.com
Subjects: Communication Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:08
Last Modified: 24 Apr 2024 01:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39557

Actions (login required)

View Item View Item