Hubungan pengetahuan dan kepatuhan minum obat terhadap tekanan darah pasien hipertensi di Puskesmas Haekto Kecamatan Noemuti Timur

Amsaijao, Natalia Imaculata Mena (2023) Hubungan pengetahuan dan kepatuhan minum obat terhadap tekanan darah pasien hipertensi di Puskesmas Haekto Kecamatan Noemuti Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (988kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB  5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal. Permasalahan tentang hipertensi dapat berdampak pada morbiditas dan mortalitas, beberapa faktor yang mempengaruhi hipertensi adalah pengetahuan hipertensi dan kepatuhan minum obat pada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang hipertensi, mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat tentang penggunaan obat hipertensi serta mengetahui hubungan pengetahuan, kepatuhan dengan kondisi tekanan darah pasien di unit rawat jalan di Puskesmas Haekto Kecamatan Noemuti Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan tentang hipertensi dan kuesioner kepatuhan minum obat dari MMAS-8. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Probability sampling yaitu metode Simple random sampling. Teknik pengambilan ini dilakukan dengan mengambil responden yang ada di rawat jalan Puskesmas Haekto yang sesuai dengan konteks penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 65 orang, yang memenuhi syarat pada kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil Pengetahuan mengenai hipertensi terhadap penderita hipertensi yang menjadi sampel dalam penelitian ini termasuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 42 orang (64,6%). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki kepatuhan minum obat dengan kategori cukup yaitu sebanyak 43 orang (66,2%). Uji pengaruh hubungan antara pengetahuan dank kepatuhan menggunakan program IBM SPSS 25 yang ditunjukkan dengan nilai p sig(2-tailed) yaitu 0,000 (p<0,05). Untuk itu perlu dilakukan peningkatan pengetahuan dan kepatuan mengenai hipertensi, salah satu caranya yaitu dengan pemberian informasi dan edukasi yang tepat untuk menghindari komplikasi hipertensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiadi, Diga Albrian
NIDN241180995
diga@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, kepatuhan, hipertensi, kuesioner
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: NATALIA IMACULATA MENA AMSAIJAO
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:42
Last Modified: 30 Jan 2024 02:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38853

Actions (login required)

View Item View Item