Social media engagement dan impulsive buying behavior pada mahasiswa yang melakukan belanja online

Mangkey, Maryshel Felisitas (2023) Social media engagement dan impulsive buying behavior pada mahasiswa yang melakukan belanja online. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy

Abstract

Belanja online (online shopping) merupakan aktivitas menjual dan membeli barang maupun jasa dengan pemanfaatan teknologi internet. Bagi mahasiswa khususnya memanfaatkan teknologi internet dengan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan akses di media sosial. Social media engagement merupakan keterlibatan pada media sosial yang dilakukan individu untuk saling bertukar informasi. Keterlibatan pada media sosial ini berhubungan pula dengan karakteristik mahasiswa yang mudah tergiur dan terhasut promosi di media sosial ketika menggunakan aplikasi e-commerce atau belanja online, sehingga memunculkan perilaku impulsive buying. Impulsive buying merupakan perilaku pembelian tanpa pertimbangan dan pemikiran secara matang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara social media engagement dan impulsive buying behavior pada mahasiswa yang melakukan belanja online. Metode pengambilan data dilakukan menggunakan incidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 143 mahasiswa yang melakukan belanja online. Variabel social media engagement diukur menggunakan skala milik Alt (2015) yang telah diadaptasi oleh Simanjuntak et al, (2022) dan variabel impulsive buying behavior diukur menggunakan skala yang disusun oleh penulis berdasarkan aspek-aspek impulsive buying behavior menurut Verplanken & Herabadi (2001). Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan antara social media engagement dengan impulsive buying behavior pada mahasiswa yang melakukan belanja online (r =0.317; p = 0.000 < 0.05). Jumlah tertinggi responden di variabel social media engagement berada pada kategori sedang (46.9%) sedangkan pada variabel impulsive buying behavior jumlah tertinggi responden berada pada kategori rendah (41.3%). Saran bagi mahasiswa yang melakukan belanja online agar mahasiswa dapat menyaring informasi yang diperoleh secara online dari media sosial agar tidak mengarah pada perilaku impulsive buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Simanjuntak, Ermida L.
NIDN0725117703
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Social media engagement, impulsive buying behavior, online shopping, e-commerce, media sosial, mahasiswa.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Maryshel Felisitas
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:42
Last Modified: 23 Jan 2024 03:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38325

Actions (login required)

View Item View Item