Mangkey, Maryshel Felisitas (2023) Social media engagement dan impulsive buying behavior pada mahasiswa yang melakukan belanja online. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
Abstract
Belanja online (online shopping) merupakan aktivitas menjual dan membeli barang maupun jasa dengan pemanfaatan teknologi internet. Bagi mahasiswa khususnya memanfaatkan teknologi internet dengan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan akses di media sosial. Social media engagement merupakan keterlibatan pada media sosial yang dilakukan individu untuk saling bertukar informasi. Keterlibatan pada media sosial ini berhubungan pula dengan karakteristik mahasiswa yang mudah tergiur dan terhasut promosi di media sosial ketika menggunakan aplikasi e-commerce atau belanja online, sehingga memunculkan perilaku impulsive buying. Impulsive buying merupakan perilaku pembelian tanpa pertimbangan dan pemikiran secara matang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara social media engagement dan impulsive buying behavior pada mahasiswa yang melakukan belanja online. Metode pengambilan data dilakukan menggunakan incidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 143 mahasiswa yang melakukan belanja online. Variabel social media engagement diukur menggunakan skala milik Alt (2015) yang telah diadaptasi oleh Simanjuntak et al, (2022) dan variabel impulsive buying behavior diukur menggunakan skala yang disusun oleh penulis berdasarkan aspek-aspek impulsive buying behavior menurut Verplanken & Herabadi (2001). Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan antara social media engagement dengan impulsive buying behavior pada mahasiswa yang melakukan belanja online (r =0.317; p = 0.000 < 0.05). Jumlah tertinggi responden di variabel social media engagement berada pada kategori sedang (46.9%) sedangkan pada variabel impulsive buying behavior jumlah tertinggi responden berada pada kategori rendah (41.3%). Saran bagi mahasiswa yang melakukan belanja online agar mahasiswa dapat menyaring informasi yang diperoleh secara online dari media sosial agar tidak mengarah pada perilaku impulsive buying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Simanjuntak, Ermida L. NIDN0725117703 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Social media engagement, impulsive buying behavior, online shopping, e-commerce, media sosial, mahasiswa. |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Maryshel Felisitas |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 03:42 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 03:42 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |