Optimasi formula tablet effervescent ekstrak kulit Pisang Agung var. Semeru (Musa paradisiaca) menggunakan metode factorial design

Prasetyo, Nico (2023) Optimasi formula tablet effervescent ekstrak kulit Pisang Agung var. Semeru (Musa paradisiaca) menggunakan metode factorial design. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kulit pisang agung varietas Semeru merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai antidepresi. Kandungan zat aktif yang digunakan adalah flavonoid (morin). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsentrasi komponen effervescent (asam sitrat, asam tartrat, dan natrium bikarbonat) serta konsentrasi tepung buah pisang sebagai penghancur terhadap mutu fisik tablet ekstrak kulit pisang agung var. Semeru (Musa paradisiaca) yang ditinjau dari kekerasan, kerapuhan, waktu larut tablet dan untuk mengetahui rancangan formula optimum dari tablet effervescent. Formula dibagi menjadi 4 bagian yang disesuaikan dengan metode optimasi factorial design menggunakan 2 faktor dan 2 tingkat. Respon yang dipilih yaitu kekerasan, kerapuhan, dan waktu larut tablet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi tepung buah pisang berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kekerasan, sedangkan interaksi komponen effervescent dan tepung buah pisang berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kerapuhan dan mempercepat waktu larut. Berdasarkan program factorial design di dapatkan formula optimum dengan konsentrasi komponen effervescent 28,13% dan konsentrasi tepung buah pisang 6,48% dengan hasil yang memenuhi persyaratan pada respon kekerasan tablet 5,36 kp, kerapuhan tablet 0,30%, dan waktu larut 4,25 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hadisoewignyo, Lannie
NIDN0711127201
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ervina, Martha
NIDN0712066401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tablet effervescent, factorial design, optimasi, tepung buah pisang, kulit pisang agung varietas Semeru (Musa paradisiaca).
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Nico Prasetyo
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:50
Last Modified: 22 Jan 2024 08:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38301

Actions (login required)

View Item View Item