Hubungan antara Adversity Quotient dengan penyesuaian diri pada mahasiswa perantauan semester 3 di Universitas Katolik Widya Mandala

Perdana, Vincentius Ananta Galuh (2023) Hubungan antara Adversity Quotient dengan penyesuaian diri pada mahasiswa perantauan semester 3 di Universitas Katolik Widya Mandala. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyesuaian diri adalah proses individu dapat mengatasi masalah yang terjadi di lingkungan serta dapat merasakan keselarasan dengan lingkungan tersebut. Salah satu yang mampu mempengaruhi tingkat penyesuaian diri pada individu adalah adversity quotient, dimana ketahanan seorang individu dalam menyelesaikan masalah dapat membuat individu tersebut mampu menyesuaikan diri di lingkungan baru. Mahasiswa seharusnya memiliki ketahanan akan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat ia merantau, namun pada kenyataannya 53,3% mahasiswa dalam preliminary research masih menemui kesulitan dalam menyesuaikan diri di tempat rantau. Sementara itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adanya hubungan antara adversity quotient dengan penyesuaian diri pada mahasiswa perantauan semester 3 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Teknik uji hubungan dalam penelitian ini menggunakan Pearson Product Moment dengan total jumlah 105 responden yang didapatkan dengan metode accidental sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara penyesuaian diri dan adversity quotient pada mahasiswa perantauan semester 3 di UKWMS dengan arah hubungan yang positif, sehingga dapat diartikan bahwa mahasiswa perantauan yang memiliki ketahanan akan menyelesaikan masalah, maka akan dapat mudah menyesuaikan dirinya dengan lingkungan barunya. Begitu pula sebaliknya, jika mahasiswa tidak tahan untuk menghadapi permasalahan yang dialami, maka mahasiswa tersebut juga akan sulit untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tempat dia merantau. Uji hubungan pada penelitian ini memiliki nilai sig. sebesar 0,000 (p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 0,377 atau 37,7% yang berarti adversity quotient dapat mempengaruhi variabel penyesuaian diri sebesar 37,7% sedangkan 62,3% lainnya dapat dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa perantauan dapat menyesuaikan diri dengan meningkatkan ketahanan akan mengatasi masalah (adversity quotient). Mahasiswa perantau juga perlu meninjau untuk tempat merantaunya, juga dimana dia akan tinggal selama merantau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Adhyatma, Made Dharmawan Rama
NIDN0724128705
madedharmawan@ukwms.ac.id
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Vincentius Ananta Galuh Perdana
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:02
Last Modified: 23 Jan 2024 06:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38283

Actions (login required)

View Item View Item