Peran digital marketing di social bread dalam membantu UMKM

Widjaja, Angela Cynthia (2023) Peran digital marketing di social bread dalam membantu UMKM. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Communication Science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi telah memberikan tekanan besar terutama ketidakpastian ekonomi, yang mengakibatkan penurunan pendapatan dan tantangan keuangan bagi UMKM. Salah satu upaya yang banyak diadopsi oleh UMKM adalah pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran. Media sosial memainkan peran krusial dalam memungkinkan interaksi dan promosi bisnis. Meskipun demikian, banyak UMKM yang menghadapi kendala dalam mengelola akun media sosial mereka, baik karena keterbatasan sumber daya maupun keterampilan. Social Bread sebagai platform digital marketing hadir sebagai solusi untuk mendukung UMKM dengan memfasilitasi koneksi antara UMKM dengan content creator dan influencer lokal. Platform ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi yang tepat berdasarkan analisis kebutuhan UMKM, sehingga mereka dapat memanfaatkan media sosial dengan lebih efektif. Untuk memaksimalkan peran digital marketing, memerlukan 5 tahap penting, antara lain dengan melakukan Content Planning & Research, membuat konten, melakukan optimalisasi Social Media Marketing (SMM), membuat Copywriting sebagai strategi Funneling, melakukan analisis dan pengukuran. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang peran digital marketing, khususnya dalam konteks UMKM dan pemanfaatan media sosial. Dengan menggali isu-isu ini, diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan rekomendasi untuk memperkuat strategi pemasaran UMKM melalui platform digital.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran digital marketing, bisnis UMKM, media sosial.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Angela Cynthia
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:17
Last Modified: 19 Jan 2024 05:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38107

Actions (login required)

View Item View Item