Hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dengan kejadian stunting pada anak usia balita di wilayah kerja Puskesmas Bangkalan

Aranda, Abel Muhammad Naufal Cosa (2023) Hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dengan kejadian stunting pada anak usia balita di wilayah kerja Puskesmas Bangkalan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
Bab 7.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)

Abstract

Tingkat kejadian stunting pada anak-anak balita masih tinggi di seluruh dunia yaitu sebanyak 149,2 juta, sedangkan prevalensi stunting di Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan nilai 21,6%. Stunting dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi yang dibutuhkan saat usia balita, pola asuh, ketersediaan makanan dalam keluarga, pelayanan kesehatan ibu selama kehamilan. Salah satu faktor yang kuat adalah faktor kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi. Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dengan kejadian stunting pada anak usia balita di wilayah kerja Puskesmas Bangkalan. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan metode cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua ibu dan balita yang berada di wilayah kerja Puskesmas Bangkalan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ibu dan balita yang berada di wilayah kerja Puskesmas Bangkalan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini setelah dihitung dengan rumus adalah sebesar 41 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner pengetahuan ibu tentang gizi yang sudah dimodifikasi serta pengukuran panjang badan / tinggi badan dan berat badan anak. Selanjutnya, menentukan hasil kategori pengetahuan ibu dari hasil skor kuesioner dan menentukan anak mengalami stunting atau tidak setelah melakukan pengukuran dengan melihat grafik pertumbuhan anak. Data yang didapatkan dari responden kemudian akan dilakukan uji statistik dengan aplikasi SPSS dengan uji Contingency Coefficient. Hasil Penelitian : Didapatkan pengetahuan ibu tentang gizi terbanyak adalah pengetahuan baik yaitu sebanyak 17 orang (41,46%) dan kejadian stunting terbanyak pada penelitian ini adalah anak yang tidak mengalami stunting yaitu sebanyak 24 orang (58,54%). Hasil uji analisis Contingency Coefficient menunjukkan nilai p = 0,009. Simpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan kejadian stunting pada anak usia balita di wilayah kerja Puskesmas Bangkalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susan, Susan
NIDK152150869
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Suwandito, L
NIDK152211235
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan ibu, stunting, anak usia balita
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine
Depositing User: Abel Muhammad Naufal Cosa Aranda
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:35
Last Modified: 18 Jan 2024 01:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38043

Actions (login required)

View Item View Item