Perbedaan derajat keparahan osteoartritis sendi lutut antara pasien hipertensi dan normotensi di Rumah Sakit PHC Surabaya

Haryanhto, Audie Nicolas (2023) Perbedaan derajat keparahan osteoartritis sendi lutut antara pasien hipertensi dan normotensi di Rumah Sakit PHC Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Osteoartritis (OA) adalah penyakit radang sendi kronis yang dapat mengakibatkan nyeri, kekakuan, dan disfungsi dari sendi-sendi sinovial. Di Indonesia, prevalensi dari penyakit sendi adalah 11,08% pada kelompok usia 45-54 tahun. Saat ini, teori terbaru menilai bahwa OA merupakan gangguan sendi yang diakibatkan oleh interaksi dari berbagai faktor risiko baik lokal maupun sistemik dan saat ini OA dinilai bukan sekadar masalah wear and tear pada sendi. Perubahan teori terkait dengan penyebab osteoartritis ini didukung dengan data prevalensi dari OA yang mengalami peningkatan dua kali lipat selama dua dekade terakhir yang sejalan dengan peningkatan prevalensi dari sindrom metabolik dan hipertensi termasuk ke dalam sindrom metabolik. Tujuan: Untuk mempelajari perbedaan derajat keparahan osteoartritis sendi lutut antara pasien hipertensi dan normotensi di Rumah Sakit PHC Surabaya. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan cara analitik observasional dengan desain penelitian cross-sectional dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil dari anamnesis dan pemeriksaan fisik pasien osteoartritis sendi lutut yang terdiagnosis secara radiologis menggunakan sinar-x yang berusia 45 – 64 tahun. Analisis statistik yang digunakan adalah uji beda Mann-Whitney. Hasil: Terdapat 34 sampel dalam penelitian ini yang dikelompokkan menjadi pasien dengan hipertensi dan normotensi. Pasien dengan hipertensi mayoritas menderita OA sendi lutut dengan derajat 4 (47%), sedangkan pasien dengan normotensi mayoritas menderita OA sendi lutut dengan derajat 2 (47%). Hasil yang didapatkan dari uji beda Mann-Whitney adalah p= 0,02(p<0.05). Simpulan: Didapatkan perbedaan bermakna, yaitu derajat keparahan osteoartritis pada pasien OA sendi lutut dengan hipertensi lebih parah jika dibandingkan dengan pasien normotensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Meryana, Pauline
NIDN0702068003
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Warindra, Taufin
NIDN0706056803
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Osteoartritis, hipertensi, sendi lutut.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine
Depositing User: Audie Nicolas Haryantho
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:44
Last Modified: 17 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37823

Actions (login required)

View Item View Item