Korelasi kejadian pes planus dan derajat keparahan gonartrosis pada pasien usia 50 tahun ke atas di Rumah Sakit PHC Surabaya

Huang, Velinda (2023) Korelasi kejadian pes planus dan derajat keparahan gonartrosis pada pasien usia 50 tahun ke atas di Rumah Sakit PHC Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang: Secara global, kasus gonartrosis meningkat sebesar 114,5% pada tiga dekade terakhir. Gonartrosis menjadi salah satu masalah kesehatan di dunia, khususnya di Indonesia karena menyebabkan 80% pasien memiliki keterbatasan dalam bergerak dan 25% di antaranya tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Gonartrosis merupakan akibat dari pembebanan mekanis yang berlebihan karena adanya faktor yang memengaruhi kompartemen tibiofemoral (TF) atau patellofemoral (PF), salah satunya adalah morfologi pes planus. Tujuan: Untuk menjelaskan korelasi kejadian pes planus dan derajat keparahan gonartrosis pada pasien lansia di Rumah Sakit PHC Surabaya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan studi cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan purposive sampling. Jumlah sampel minimal yang dibutuhkan dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Lemeshow, sehingga didapatkan 69 sampel. Data dikumpulkan berupa data primer (hasil pengukuran Clarke’s angle pada medial longitudinal arch [MLA]) dan data sekunder (rekam medis) 69 pasien dengan riwayat gonartrosis (menggunakan Kellgren-Lawrence scoring system) di Rumah Sakit PHC Surabaya pada bulan Agustus – Oktober 2023 oleh Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi. Kemudian diuji dengan uji Korelasi Spearman menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 29. Hasil: Dari 69 pasien dengan riwayat gonartrosis yang diteliti, didapatkan 57 pasien (82,6%) memiliki pes planus, tetapi berdasarkan hasil analisis statistik kedua variabel ini tidak berkorelasi secara signifikan (p = 0,932). Simpulan: Tidak didapatkan hasil yang signifikan mengenai korelasi kejadian pes planus dan derajat keparahan gonartrosis di Rumah Sakit PHC Surabaya. Hal ini berkaitan dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditetapkan oleh peneliti, seperti usia dan IMT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Warindra, Taufin
NIDN0706056803
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Malonda, Franklin Vincentius
NIDN0728038606
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pes planus, gonartrosis, clarke’s angle, kellgren-lawrence scoring system, derajat keparahan gonartrosis.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Velinda Huang
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:45
Last Modified: 12 Jan 2024 01:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37706

Actions (login required)

View Item View Item