Peningkatan Ketrampilan Produksi Video JurnalistikE-Magazine Krisanonline.com, SMASanta Maria, Surabaya

Purnama, Finsensius Yuli, Chandra, Christopher and Lapalelo, Putra Aditya (2023) Peningkatan Ketrampilan Produksi Video JurnalistikE-Magazine Krisanonline.com, SMASanta Maria, Surabaya. Peningkatan Ketrampilan Produksi Video JurnalistikE-Magazine Krisanonline.com, SMASanta Maria, Surabaya, 1 (1). pp. 8-19. ISSN pISSN: 2987-8160, eISSN: 2987-7288

[thumbnail of Peningkatan Ketrampilan Produksi Video JurnalistikE-Magazine Krisanonline.com, SMASanta Maria, Surabaya] Text (Peningkatan Ketrampilan Produksi Video JurnalistikE-Magazine Krisanonline.com, SMASanta Maria, Surabaya)
2-Peningkatan_ketrampilan_produksi_.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of Peningkatan Ketrampilan Produksi Video JurnalistikE-Magazine Krisanonline.com, SMASanta Maria, Surabaya] Text (Peningkatan Ketrampilan Produksi Video JurnalistikE-Magazine Krisanonline.com, SMASanta Maria, Surabaya)
2-Peningkatan_ketrampilan_produksi_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerbitan di lingkungan pendidikan menjadi signifikan karena turut membentuk logika berpikir siswa agar tersistematis, menyesuaikan berdasarkan kelengkapan fakta di lapangan. Berlandaskan pada hal tersebut, sekolah menengah atas (SMA) Santa Maria menjadi salah satu sekolah di Surabaya yang secara khusus memberikan pembekalan pengelolaan penerbitan kepada siswa-siswinya. Sekolah ini terletak di Jalan Raya Darmo 49 Surabaya. Bersama guru pendamping, para mahasiswa mengembangkan sebuah e-magazine yang bernama Krisanonline.com. Krisanonline.com pengembangan penerbitan majalah cetak, Krisan. Sejumlah kendala dialami oleh mitra sasaran. Oleh karena itu, sebagai langkah untuk mengambangkan potensi penerbitan sekolah agar sesuai dengan kebutuhan zaman diperlukan pelatihan-pelatihan penerbitan yang mengutamakan konsep “kekinian” dengan mengacu pada produksi konten-konten berbasis digital. Untuk itulah pengabdian ini dilakukan sebagai solusi upaya meningkatkan pemahaman terkait prinsip dasar jurnalistik dan proses produksi video jurnalistik untuk e-magazine. Kegiatan yang akan dilakukan dalam program Abdimas ini adalah pelatihan membuat rancangan liputan, rancangan jurnalistik video, dan pendampingan karya. Harapannya, hasil dari program ini adalah adanya peningkatan kualitas liputan dan karya dari kelompok dampingan. Sekaligus membawa level kerja siswa-siswi SMA Sanmar pada tingkatan yang lebih kredibel, trustworthy, dan lebih menarik secara visual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jurnalistik Video; Pengabdian Masyarakat; Produksi karya jurnalisitk; Skill Jurnalistik
Subjects: Communication Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:51
Last Modified: 17 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37041

Actions (login required)

View Item View Item