Biosintesa senyawa antioksidan pada fermentasi substrat cair kulit pisang dengan bantuan Aspergillus niger

Retnoningtyas, Ery Susiany, Antaresti, Antaresti, Tjitradjaja, Gwynne and Yangga, Kevin (2011) Biosintesa senyawa antioksidan pada fermentasi substrat cair kulit pisang dengan bantuan Aspergillus niger. SAINTEK : Jurnal llmiah llmu-ilmu Teknik dan Rekayasa, 8 (2). pp. 52-55. ISSN 1693-8917 (Submitted)

[thumbnail of Biosintesa Senyawa Antioksidan pada Fermentasi Substrat Cair Kulit Pisang dengan Bantuan Aspergillus Nlger] Text (Biosintesa Senyawa Antioksidan pada Fermentasi Substrat Cair Kulit Pisang dengan Bantuan Aspergillus Nlger)
2011_Jurnal Saintek Vol 8 No2-Kopertis 7_(Sbg penulis pendamping).pdf

Download (1MB)

Abstract

Limbah kulit pisang adalah sampah organik yang masih dapat dimanfaatkan melalui proses fermentan untuk menghasilkan antioksidan dengan bantuan mikroorganisme Aspergillus niger adalah salah satu kapang yang dapat menghasilkan antioksidan dengan aktivitas yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh kombinasi ekstrak kulit pisang dan penambahan (NH, 280, pada proses fermentasi untuk memproduksi antioksidan. Aktifitas tertinggi dari antioksidan diperoleh dari Aspergillus niger yang tumbuh dalam substrat 1.5189 mail, glukosa (berasal dari 500 g/L ekstrak kulis pisang) dan penambahan 0.25% (6/9)(NH,250,

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aspergillus niger, antioksidan, kulit pisang.
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Chemical Engineering
Depositing User: Ery Susiany Retnoningtyas
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:55
Last Modified: 12 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37002

Actions (login required)

View Item View Item