Cahyani, Heni (2023) Pengaruh event “Solo Imlek Festival” terhadap city branding kota Solo sebagai kota budaya pada masyarakat kota Solo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI (1).pdf Download (661kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 SKRIPSI.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5 SKRIPSI.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
Abstract
Solo Imlek festival merupakan event tahunan yang dilaksanakan pemerintah kota Solo. Event ini dilaksanakan untuk memperingati hari raya imlek umat khonghucu dari etnis cina, dengan adanya akulturasi budaya cina dan jawa didalamnya yang disajikan dalam bentuk rangkaian acara seperti gunungan kue keranjang dengan nama grebeg sudiro, pertunjukan barongsai, serta penampilan cap gomeh dengan mengenakan pakaian adat jawa. Selain itu event ini juga sebagai ajang pemersatu masyarakat antar etnis jawa dan cina yang ada di kota Solo, dengan pengadaan event dilaksanakan di pasar gede yang merupakan pusat perkampungan cina dan juga pusat perdagangan antar etnis cina dan jawa pada masa penjajahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori yang menjelaskan bahwa event dapat memberi pengaruh terhadap city branding. Event dinilai berdasarkan tiga indikator yaitu keunikan, perishability, intangibility. Sedangkan city branding dinilai berdasarkan indikator presence, place, pulse, people, prerequisites. Jenis penelitian ini eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam metode survei yang mengandung pertanyaan responden dan diukur dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara event “Solo Imlek festival” terhadap city branding Kota Solo sebagai Kota Budaya pada masyarakat Kota Solo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED Thesis advisor Intan, Theresia NIDN0725058704 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Event, city branding, citra |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | HENI CAHYANI |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 08:51 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 08:51 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36996 |
Actions (login required)
View Item |