Pengaruh event “Solo Imlek Festival” terhadap city branding kota Solo sebagai kota budaya pada masyarakat kota Solo

Cahyani, Heni (2023) Pengaruh event “Solo Imlek Festival” terhadap city branding kota Solo sebagai kota budaya pada masyarakat kota Solo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI (1).pdf

Download (661kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 SKRIPSI.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy

Abstract

Solo Imlek festival merupakan event tahunan yang dilaksanakan pemerintah kota Solo. Event ini dilaksanakan untuk memperingati hari raya imlek umat khonghucu dari etnis cina, dengan adanya akulturasi budaya cina dan jawa didalamnya yang disajikan dalam bentuk rangkaian acara seperti gunungan kue keranjang dengan nama grebeg sudiro, pertunjukan barongsai, serta penampilan cap gomeh dengan mengenakan pakaian adat jawa. Selain itu event ini juga sebagai ajang pemersatu masyarakat antar etnis jawa dan cina yang ada di kota Solo, dengan pengadaan event dilaksanakan di pasar gede yang merupakan pusat perkampungan cina dan juga pusat perdagangan antar etnis cina dan jawa pada masa penjajahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori yang menjelaskan bahwa event dapat memberi pengaruh terhadap city branding. Event dinilai berdasarkan tiga indikator yaitu keunikan, perishability, intangibility. Sedangkan city branding dinilai berdasarkan indikator presence, place, pulse, people, prerequisites. Jenis penelitian ini eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam metode survei yang mengandung pertanyaan responden dan diukur dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara event “Solo Imlek festival” terhadap city branding Kota Solo sebagai Kota Budaya pada masyarakat Kota Solo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Intan, Theresia
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Event, city branding, citra
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: HENI CAHYANI
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:51
Last Modified: 22 Nov 2023 08:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36996

Actions (login required)

View Item View Item