Penerapan algoritma K-Means untuk menentukan strategi promosi (Studi kasus: Universitas Katolik Widya Mandala Kampus Kota Madiun)

Waloyo, Lorensius Anang Setiyo (2021) Penerapan algoritma K-Means untuk menentukan strategi promosi (Studi kasus: Universitas Katolik Widya Mandala Kampus Kota Madiun). In: The 8th Industrial Engineering Conference 2021, 26-27 Juli 2021, Program Studi Teknik Industri Universitas Sebelas Maret.

[thumbnail of Penerapan algoritma K-Means untuk menentukan strategi promosi (Studi kasus: Universitas Katolik Widya Mandala Kampus Kota Madiun)] Text (Penerapan algoritma K-Means untuk menentukan strategi promosi (Studi kasus: Universitas Katolik Widya Mandala Kampus Kota Madiun))
7_Jurnal_IDEC_2021_Lorensius.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of Hasil cek similarity] Text (Hasil cek similarity)
Turnitin_Jurnal_IDEC_2021_Lorensius.pdf

Download (3MB)

Abstract

Data penerimaan mahasiswa baru yang diperoleh tiap tahun belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk evaluasi dan untuk penentukan bentuk strategi pemasaran yang akan digunakan. Data history sangat bermanfaat untuk menentukan strategi promosi yang tepat. Pengolahan data sangat penting saat ini terutama untuk memperoleh pengetahuan yang baru, dimana pengetahuan baru tersebut nantinya akan digunakan sebagai penunjang penentuan keputusan bagi institusi dalam menentukan strategi pemasaran penerimaan calon mahasiswa baru. Data mining sangat membantu institusi baik perusahaan maupun perguruan tinggi dalam mendapatkan pola-pola dari data yang tersimpan dalam data base yang mereka miliki. Dalam penelitian ini akan digunakan metode algoritma K-Means untuk penerapan data mining clustering. Data yang dipakai dalam penelitian ini merupakan data penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 dengan jumlah 172 mahasiswa, dengan menggunkan 3 clustering maka didapat hasil analisis sebagai berikut : (1) clustering 0 terdiri 99 mahasiswa, (2) clustering 1 terdiri 49 mahasiswa, dan (3) clustering 2 terdiri 24 Mahasiswa. Setelah dilakukan analisis data mining dengan menggunakan metode algoritma K-Means maka dapat dilihat untuk cluster 1 berdasarkan asal kota terdapat 41% dari Kota Madiun, berdasarkan jenis sekolah SMAN terdapat 20%, berdasar pilihan prodi Akuntansi 21%, dan nilai rata-rata test >=80 sebesar 36%. Pada cluster 2 terdapat 10% berasal dari kota Madiun, 8% jenis sekolah SMA dan SMA swasta,berdasar pilihan prodi Manajemen 10%, dan 16% nilai rata-rata test >=80. Sedangkan cluster 3 berdasarkan asal kota Madiun 4%, berdasarkan jenis sekolah SMAN sebesar 6%, dan 9% nilai rata-rata tes yang >=80.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Daya mining, K-Means, clustering, promosi
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Divisions: Proceeding > Faculty of Engineering
Depositing User: Lorensius Anang Setiyo Waloyo
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:37
Last Modified: 29 Nov 2023 08:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36948

Actions (login required)

View Item View Item