Analisis hubungan antara gratitude dengan sense of school belonging pada mahasiswa Karesidenan Madiun

Dani, Robik Anwar, Aryono, Marcella Mariska and Cahyadi, Andi (2021) Analisis hubungan antara gratitude dengan sense of school belonging pada mahasiswa Karesidenan Madiun. Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi, 20 (1). pp. 107-114. ISSN pISSN: 1411-6073, eISSN: 2579-6321

[thumbnail of Analisis hubungan antara gratitude dengan sense of school belonging pada mahasiswa Karesidenan Madiun] Text (Analisis hubungan antara gratitude dengan sense of school belonging pada mahasiswa Karesidenan Madiun)
Analisis_hubungan_gratitude.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of Hasil cek similarity] Text (Hasil cek similarity)
Analisis_hubungan_gratitude_turnitin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa terkadang berperilaku seperti kurang antusias dengan kegiatan kemahasiswaan yang diadakan oleh universitas, sering tidak menghadiri perkuliahan tanpa alasan, dan kadang berperilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai organisasi. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa terdapat masalah dengan rasa memiliki mahasiswa terhadap sekolah (sense of school belonging). Rasa syukur (gratitude) mahasiswa terhadap universitas dapat menjadi faktor yang mempengaruhi rasa memiliki mahasiswa terhadap universitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gratitude dan sense of school belonging. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah 254 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di wilayah Madiun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Tes Rasa Syukur dan Apresiasi (GRAT) Bentuk Pendek dan Skala Kepekaan Psikologis Sekolah (PSSM). Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis data menunjukkan bahwa besar koefisien regresi standar b=0,323 dengan signifikansi p<0,05. Variabel gratitude terbukti berhubungan dan dapat memprediksi variabel sense of school belonging. Implikasi hasil penelitian ini dibahas lebih lanjut oleh peneliti.

Item Type: Article
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Research team head
Dani, Robik Anwar
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Research team member
Aryono, Marcella Mariska
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Research team member
Cahyadi, Andi
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sense of school belonging, gratitude, mahasiswa
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Robik Anwar Dani
Date Deposited: 02 Oct 2023 09:33
Last Modified: 13 May 2024 02:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36832

Actions (login required)

View Item View Item