Analisis faktor-faktor penghambat procurement (Studi kasus pada salah satu Universitas Negeri di Kota Malang Tahun 2019)

Lourentius, Suratno, Kurniawan, Kiki and Estu, Pinanggih (2023) Analisis faktor-faktor penghambat procurement (Studi kasus pada salah satu Universitas Negeri di Kota Malang Tahun 2019). In: Prosiding Seminar Praktik Keinsinyuran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 10 Juni 2023, Prodi Profesi Insinyur Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of PROSIDING SEMINAR PRAKTIK KEINSINYURAN 2023 PINANGGIH, KIKI] Text (PROSIDING SEMINAR PRAKTIK KEINSINYURAN 2023 PINANGGIH, KIKI)
Prosiding Seminar Praktik Keinsinyuran 2023 Pinanggih, Kiki dan Editor Suratno Lourentius hlm. 1-5.docx.pdf

Download (313kB)

Abstract

Dalam keberlangsungan hidup suatu instansi atau perusahaan, salah satu bentuk kegiatan yang penting untuk dilakukan adalah Procurement/Pengadaan Barang/Jasa. Apabila Pengadaan Barang/Jasa mengalami hambatan, maka akan berdampak pada terganggunya kegiatan operasional perkantoran dan pelayanan pada instansi terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat proses Procurement/Pengadaan Barang/Jasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dengan mengambil subyek penelitian pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa di Unit Layanan Pengadaan pada salah satu Universitas Negeri di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Tahun 2019 terdapat 48 paket pekerjaan yang mengalami hambatan atau 27,59% dari total paket pengadaan, sedangkan 123 paket pekerjaan lainnya atau 70,69% tidak mengalami hambatan dan 3 paket pengadaan atau 1,72% tidak terisi. Faktor-faktor yang menjadi hambatan adalah 1) Pada tahap penetapan kebutuhan, pengguna kesulitan menentukan barang/jasa yang dibutuhkan; 2) RUP terlambat diumumkan sehingga Pokja/Pejabat pengadaan tidak memiliki dasar untuk melaksanakan pengadaan; 3) Adanya kesulitan dalam menentukan metode pengadaan; 4) penerima hasil pekerjaan mengalami hambatan dalam menetapkan pemenuhan spesifikasi barang yang dikirim dengan dokumen kontrak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan barang/jasa, keterlambatan pengadaan barang/jasa, faktor-faktor penyebab keterlambatan.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Professional Engineer Study Program
Depositing User: Dr.Ir., MS Suratno . Lourentius
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:15
Last Modified: 18 Aug 2023 06:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36620

Actions (login required)

View Item View Item