Hubungan tingkat pengetahuan dan kepatuhan penggunaan obat Antihipertensi terhadap terkontrolnya tekanan darah di Puskesmas “X” wilayah Surabaya Selatan

Hutami, Aina Kusnul Hayati Liya (2023) Hubungan tingkat pengetahuan dan kepatuhan penggunaan obat Antihipertensi terhadap terkontrolnya tekanan darah di Puskesmas “X” wilayah Surabaya Selatan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup berbahaya di seluruh dunia. Kepatuhan dan ketidakpatuhan dapat digunakan sebagai parameter tingkat pengetahuan pasien hipertensi. Pengetahuan tersebut meliputi arti penyakit hipertensi, penyebab hipertensi, gejala yang sering menyertai dan pentingnya melakukan pengobatan yang teratur. Identifikasi kepatuhan pasien perlu dilakukan sebagai upaya merencanakan strategi yang lebih luas dan teliti dalam rangka meningkatkan efektivitas terapi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan penggunaan obat antihipertensi terhadap terkontrolnya tekanan darah di puskesmas "X" wilayah surabaya Selatan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 67 responden.Tingkat pengetahuan terkait penyakit hipertensi pada penelitian ini didapatkan hasil 52,2% responden memiliki pengetahuan tinggi, dan 47,8% responden memiliki pengetahuan rendah. tingkat kepatuhan penggunaan antihipertensi didapatkan hasil 19,4% patuh tinggi, 44,8% patuh sedang dan 35,8% patuh rendah. 53,7% memiliki tekanan darah terkontrol dan 46,3% memiliki tekanan darah tidak terkontrol. Hasil uji statistik menggunakan uji chi-square dan korelasi ganda. Pada penelitian ini didapatkan hasil dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 ,dan nilai koefisien korelasi 0,701 hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan penggunaan obat antihipertensi terhadap terkontrolnya tekanan darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Surdijati, Siti
NIDN9907158533
sitisurdijati@gmail.com
Thesis advisor
Sukana, Wahyu Surya
0
wahyusuryasukana@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, tingkat pengetahuan, kepatuhan, terkontrolnya tekanan darah.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Aina Kusnul Hayati Liya Hutami
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:19
Last Modified: 24 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36169

Actions (login required)

View Item View Item