Tinjauan ilmiah perencanaan tenaga surya off grid pada tower BTS dan rumah tinggal

Wanimbo, Mina Merry (2023) Tinjauan ilmiah perencanaan tenaga surya off grid pada tower BTS dan rumah tinggal. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK..pdf

Download (333kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5..pdf

Download (14kB)

Abstract

Laporan ini akan membahas 2 penerapan PLTS off grid, yaitu pada Tower BTS dan Rumah Tinggal. Kebutuhan energi dapat merupakan indikator peningkatan kemakmuran, namun bersamaan dengan itu juga menimbulkan masalah dalam usaha penyediaannya. Untuk penghematan energi maka pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tulisan ini pertama-tama membahas tentang perencanaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang digunakan untuk tower BTS 1.500 watt dengan sistem off grid. Pembahasan meliputi rancangan yang dihitung secara teknis maupun disimulasikan melalui sebuah software komputer untuk mengetahui perkiraan dari energi listrik yang diproduksi oleh Solar PV module, serta memperhitungkan penggunaan baterai apabila cuaca mendung sehingga tidak ada sinar matahari yang cukup atau autonomy days. Rancangan PLTS dibutuhkan untuk menghasilkan minimal 40 kWh per hari, untuk itu dibutuhkan 45 Solar PV module dengan tegangan kerja 24 volt dan kapasitas 285 Wp. Kapasitas baterai yang dibutuhkan adalah 4.762 Ah. Dengan menggunakan baterai 2volt 2,000Ah maka dibutuhkan rangkaian baterai yang terdiri dari 3 string dihubung secara paralel, dan tiap string terdiri dari 12 baterai seri. Dalam tulisan ini juga dibahas rancangan PLTS off grid yang ditempatkan di atap rumah tinggal (rooftop). Kebutuhan beban pada rumah ini yaitu, 18.260 Wh per hari. Dalam merancang PLTS untuk 1 unit rumah ini, dibutuhkan perhitungan yang akurat untuk menentukan sistem modul surya yang ideal, yaitu mencari jumlah hubung seri-paralel Solar PV module, memperkirakan daya yang dapat dihasilkan per hari dan per tahun, performance ratio dan losses daya sistem PLTS. Pada desain ini menggunakan 32 Solar PV module dengan kapasitas 200 Wp dan total daya 6.400 Wp. Berdasarkan tinjauan dari kedua pustaka, maka dapat disimpulkan bahwa komponen utama yang perlu ditentukan spesifikasi dan jumlahnya dalam merancang PLTS off grid adalah solar PV module dan baterai. Tegangan kerja sistem dan kapasitas yang dibutuhkan serta spesifikasi yang dipilih disainer untuk kedua komponen utama menentukan jumlah dan pertimbangan rangkaian seri-paralel untuk kedua komponen.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Agustine, Lanny
NIDN0730087801
Lanny.agustine@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Gunadhi, Albert
NIDN0704066901
Albert@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Tower BTS, rumah tinggal, off grid, PLTS, solar PV module.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Mina Merry Wanimbo
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:18
Last Modified: 25 Jul 2023 05:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36145

Actions (login required)

View Item View Item