Pengaruh layanan karir dan penggunaan Instagram terhadap pemilihan karir siswa

Saputra, Martinus Novan Andika (2023) Pengaruh layanan karir dan penggunaan Instagram terhadap pemilihan karir siswa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya banyak permasalahan peserta didik mengenai kurang tepatnya dalam pemilihan karir atau studi lanjut bagi sebagian peserta didik. Kurangnya pemenuhan informasi dan kurangnya pemanfaatan layanan bimbingan karir (BK) di sekolah cukup mempengaruhi dalam permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan karir dan penggunaan media sosial instagram terhadap pemilihan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAK St. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah 38 siswa yaitu dari total siswa kelas XI SMAK St. Bonaventura Madiun. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi yang digunakan sebagai sampel. Instrument penelitian ini menggunakan angket berbentuk skala yang terdiri dari butir-butir pernyataan. Sebelum menyebarkan kepada responden, angket terlebih dahulu diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis minor pertama yang menyatakan “Layanan karir berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa” diterima, karena t hitung > dari t tabel (3,622 > 1,690), lalu hipotesis minor kedua yang menyatakan “Penggunaan Instagram berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa” diterima, karena t hitung > dari t tabel (2,054 > 1,690), dan hipotesis mayor yang berbunyi “Layanan karir (X1) dan penggunaan Instagram (X2) berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa (Y)” diterima karena F hitung > F tabel (10,036 > 3,25). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa layanan karir dan penggunaan Instagram berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Bimbingan Dan Konseling
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widodo, Bernardus
NIDN0715086502
widodobernard4865@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Layanan karir, Instagram, pemilihan karir siswa
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Guidance and Counseling Study Program
Depositing User: Users 12976 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:37
Last Modified: 20 Sep 2023 01:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36004

Actions (login required)

View Item View Item