Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis interaktif model discovery learning pada pokok bahasan getaran dan gelombang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPK ST.Stanislaus Surabaya

Telaumbanua, Noveria E. (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis interaktif model discovery learning pada pokok bahasan getaran dan gelombang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPK ST.Stanislaus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 (Daftar Pustaka).pdf

Download (121kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Desaign-Development-Implement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum uji cobakan. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,25 dengan kategori “valid”, LKPD memperoleh skor 3,25 dengan kategori “valid” dan RE memperoleh skor 3,41 dengan kategori “sangat valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,86 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,54 dengan kategori “sedang” dan hasil respon peserta didik yang diproleh 3,45 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan getaran dan gelombang dengan menggunakan model Discovery Leaning dapat meningkatan hasil belajar peserta didik di SMPK St. Stanislaus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Antony
NIDN0715058503
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, discovery learning, hasil belajar, getaran dan gelombang.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Noveria E Telaumbanua
Date Deposited: 18 Jul 2023 14:00
Last Modified: 18 Jul 2023 14:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35934

Actions (login required)

View Item View Item