Pengembangan bahan ajar model problem based learning pada topik kalor dan perpindahan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Marpaung, Veronica Octavia BR (2023) Pengembangan bahan ajar model problem based learning pada topik kalor dan perpindahan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar (modul pembelajaran), dan rencana evaluasi. Perangkat pembelajaran telah divalidasi oleh validator di uji cobakan di kekas XI MIPA 2 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh validator pada rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,3 dengan kategori kevalidan “baik”, bahan ajar memperoleh skor sebesar 3,2 dengan kategori kevalidan “baik”, rencana evaluasi memperoleh skor sebesar 3,3 dengan kategori kevalidan “baik”. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan RPP yang diamati oleh guru fisika memperoleh skor sebesar 3,5 dengan kategori “sangat baik”. Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan N-Gain Score sebesar 0,83 dengan kategori “tinggi” dan hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar memperoleh skor 3,29 dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan model problem based learning pada topik kalor dan perpindahan kalor dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koswojo, Jane
NIDN0724079104
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, problem based learning, hasil belajar, kalor dan perpindahan kalor.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Veronica Octavia B.M
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:39
Last Modified: 14 Jul 2023 05:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35906

Actions (login required)

View Item View Item