Suprianus, Suprianus (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) model inkuiri terbimbing berbantuan PHET pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Kartika Wijaya Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (589kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (109kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan PhET dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Impelement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat Pembelajaran telah divalidasi oleh validator dan di uji cobakan di kelas XI IPA 2 SMA Kartika Wijaya Surabaya. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh validator pada rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 3,29 dengan kategori “valid”, lembar kerja peserta didik memperoleh skor 3,19 dengan kategori “valid”, dan rencana evaluasi memperoleh skor 3,14 dengan kategori “valid”. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan RPP yang diamati oleh guru fisika memperoleh skor 3,82 dengan kategori “sangat baik”. Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan N-Gain Score 0,65 dengan kategori “sedang” dan hasil respon peserta didik memeperoleh rata-rata akhir sebesar 3,51dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik model inkuiri terbimbing berbantuan PhET pada pokok bahasan teori kinetik gas ini tergolong layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Kartika Wijaya Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Fisika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Wijaya, Anthony NIDN0715058503 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | LKPD, inkuiri terbimbing, hasil belajar, teori kinetik gas. |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Suprianus Suprianus |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:54 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35824 |
Actions (login required)
View Item |