Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) model inkuiri terbimbing berbantuan PHET pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Kartika Wijaya Surabaya

Suprianus, Suprianus (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) model inkuiri terbimbing berbantuan PHET pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Kartika Wijaya Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan PhET dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Impelement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat Pembelajaran telah divalidasi oleh validator dan di uji cobakan di kelas XI IPA 2 SMA Kartika Wijaya Surabaya. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh validator pada rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 3,29 dengan kategori “valid”, lembar kerja peserta didik memperoleh skor 3,19 dengan kategori “valid”, dan rencana evaluasi memperoleh skor 3,14 dengan kategori “valid”. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan RPP yang diamati oleh guru fisika memperoleh skor 3,82 dengan kategori “sangat baik”. Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan N-Gain Score 0,65 dengan kategori “sedang” dan hasil respon peserta didik memeperoleh rata-rata akhir sebesar 3,51dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik model inkuiri terbimbing berbantuan PhET pada pokok bahasan teori kinetik gas ini tergolong layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Kartika Wijaya Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Anthony
NIDN0715058503
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, inkuiri terbimbing, hasil belajar, teori kinetik gas.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Suprianus Suprianus
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:54
Last Modified: 17 Jul 2023 04:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35824

Actions (login required)

View Item View Item