Laporan kerja praktek PT. Menara Jaya Lestari 8 Mei - 17 Juni 2023

Yohanes, Steven (2023) Laporan kerja praktek PT. Menara Jaya Lestari 8 Mei - 17 Juni 2023. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9] Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

PT. Menara Jaya Lestari adalah perusahaan yang memproduksi obat nyamuk bakar dengan merek Kingkong Jumbo. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Balongbendo-Tarik No. 51, Kec. Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo. Awalnya, perusahaan ini merupakan PT. Wonokupang Plastik yang sudah tidak beroperasi lagi, kemudian dibeli oleh PT. Menara Jaya Lestari yang sudah berdiri sejak tahun 2008. Proses produksi obat nyamuk bakar di PT. Menara Jaya Lestari terdiri dari 6 tahap utama, yaitu pengecekan bahan baku, persiapan adonan onggok dan bahan tambahan, pembuatan adonan obat nyamuk bakar, pencetakan, pengeringan, dan pengemasan. Dari proses produksi dihasilkan limbah berupa produk reject yang akan diserahkan kepada pihak ketiga untuk diolah menjadi tepung putusan dan digunakan kembali didalam proses produksi. Selama proses produksi obat nyamuk bakar, pabrik memanfaatkan beberapa unit utilitas. Unit utilitas yang digunakan antara lain adalah unit penyediaan air, listrik, dan bahan bakar. Sumber air diperoleh dari air sumur. Sumber listrik diperoleh dari PLN dengan bantuan genset sebagai cadangan sumber listrik apabila dibutuhkan. Bahan bakar yang digunakan adalah batubara sebagai bahan bakar boiler untuk memanaskan oli sebagai elemen pemanas oven. Selain itu, solar digunakan sebagai bahan bakar untuk memanaskan air pada water heater. Dari unit utilitas ini dihasilkan limbah berupa abu batubara yang pengolahannya diserahkan kepada pihak ketiga.Tugas khusus yang dibe alitas barang datang dan bioefikasi. Uji kualitas barang datang bertujuan untuk memastikan bahan baku telah sesuai dengan standar perusahaan sedangkan bioefikasi bertujuan untuk menguji efektivitas dari obat nyamuk bakar yang telah diproduksi. Hasil dari uji kualitas barang datang antara lain tes residu berada pada kisaran 0,1 – 0,98%, tes kelarutan berada pada waktu 0,41 - 1,34 menit, dan tes viskositas berkisar antara 108.200 – 148.200 cP. Adapun untuk hasil tes bioefikasi yaitu knockdown time berada pada rata￾rata 4 menit 16 detik serta bioefikasi dari pupa nyamuk tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap siklus hidup nyamuk. Dari hasil-hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa seluruh hasil telah sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Irawaty, Wenny
NIDN0702027301
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Steven Yohanes
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:54
Last Modified: 17 Jul 2023 01:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35778

Actions (login required)

View Item View Item