Pengaruh pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan (studi empiris pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota dan Kabupaten Madiun)

Rahmawati, Maria (2023) Pengaruh pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan (studi empiris pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota dan Kabupaten Madiun). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Chatolic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan yang disajikan pemerintah merupakan bukti dari upaya pemenuhan tugas dan tanggungjawab pemerintah kepada publik, sehingga untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang berkualitas dibutuhkanlah tingkat pemahaman akuntansi yang baik, pemanfaatan sistem informasi akuntansi yang baik, penerapan sistem pengendalian internal dalam lingkungan instansi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji bagaimana pengaruh dari variabel pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan. Objek penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota dan Kabupaten Madiun. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 71 pegawai dengan teknik sampling total/sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, dan sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota dan Kabupaten Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Immanuela, Intan
NIDN0724127401
intan.immanuela@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kualitas laporan keuangan, pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian internal
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business
Divisions: Faculty of Business > PSDKU - Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12786 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:09
Last Modified: 20 Sep 2023 02:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35524

Actions (login required)

View Item View Item