Gambaran agresivitas saat bermain game online pada dewasa awal

Wijaya, Christopher Setiawan (2023) Gambaran agresivitas saat bermain game online pada dewasa awal. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
File skripsi christopher setiawan wijaya terbaru-1-16.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-1-57.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy

Abstract

Agresivitas ialah keinginan untuk melukai seseorang, mengekspresikan perasaan negatif, seperti contoh permusuhan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Agresivitas yang terjadi saat bermain game online antara lain memaki teman satu tim, menghina teman, sebagai pemula atau disebut lemah, memukul, bahkan membanting pintu di tempat umum, agresivitas juga merupakan bentuk negatif akibat rangsangan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran agresivitas saat bermain game online pada dewasa awal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan satu variabel yaitu agresivitas. Subjek penelitian (N=71) merupakan seorang pemain game online bertipe FPS (First Person Shooter) yang berusia 18- 25 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah untuk variable agresivitas mendapatkan persentase sebesar 29,8% pemain game online tergolong dalam kategorisasi tinggi, aspek agresi fisik mendapatkan persentase sebanyak 47,9% yang tergolong dalam kategori sangat tinggi, aspek agresi verbal mendapatkan persentase sebesar 73,2% yang tergolong kedalam kategori sangat tinggi, aspek kemarahan mendapatkan persentase sebesar 47,9% yang tergolong kategori sangat tinggi, dan aspek permusuhan mendapatkan persentase sebesar 38,2% yang tergolong dalam kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudagijono, Jaka Santosa
NIDN0721087302
jaka_s@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Mulya, Happy Cahaya
NIDN0703109401
happycahaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Agresivitas, game online, dewasa awal
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Christopher Setiawan Wijaya
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:06
Last Modified: 10 Jul 2023 08:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35480

Actions (login required)

View Item View Item