Studi fenomenologi perilaku impulsive buying di kalangan fangirls & fanboys k-pop di Indonesia

Siagian, Rahel (2023) Studi fenomenologi perilaku impulsive buying di kalangan fangirls & fanboys k-pop di Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI AKHIR - Cover.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
SKRIPSI AKHIR - Bab I.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SKRIPSI AKHIR - Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SKRIPSI AKHIR - Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SKRIPSI AKHIR - Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SKRIPSI AKHIR - Bab V + Dapus.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI AKHIR - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Pembelian impulsif terjadi saat seseorang menjadi konsumen yang tidak rasional, yaitu tidak mempertimbangkan manfaat dari produk yang hendak di konsumsinya dan hanya didorong rasa emosional. Perilaku impulsif sangat sering ditemui di kalangan penggemar K�Pop karena rasa cinta dan loyalitas mereka pada sang idola. Perilaku ini ditandai dengan pembelian berbagai produk K-Pop tanpa mempertimbangkan harga dan manfaatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman perilaku pembelian impulsif di kalangan penggemar K-Pop di Indonesia. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian melalui studi fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap enam orang informan dari fandom Army dan NCTzens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa cinta dan loyalitas yang membuat para fans ini rela mengeluarkan uang dan waktunya bagi sang idola. Di sisi lain, penelitian menemukan bahwa mereka tidak merasa bahwa tindakannya impulsif atau sama sekali tidak membawa keuntungan karena produk K-Pop tersebut bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang dapat dijual kembali di masa depan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Belanja impulsif, pemaknaan, electronic word of mouth, fenomenologi.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Rahel Siagian
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:19
Last Modified: 06 Jul 2023 04:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35462

Actions (login required)

View Item View Item