Siagian, Rahel (2023) Studi fenomenologi perilaku impulsive buying di kalangan fangirls & fanboys k-pop di Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI AKHIR - Cover.pdf Download (281kB) |
|
Text (BAB 1)
SKRIPSI AKHIR - Bab I.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 2)
SKRIPSI AKHIR - Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text (BAB 3)
SKRIPSI AKHIR - Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text (BAB 4)
SKRIPSI AKHIR - Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
SKRIPSI AKHIR - Bab V + Dapus.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI AKHIR - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
Abstract
Pembelian impulsif terjadi saat seseorang menjadi konsumen yang tidak rasional, yaitu tidak mempertimbangkan manfaat dari produk yang hendak di konsumsinya dan hanya didorong rasa emosional. Perilaku impulsif sangat sering ditemui di kalangan penggemar K�Pop karena rasa cinta dan loyalitas mereka pada sang idola. Perilaku ini ditandai dengan pembelian berbagai produk K-Pop tanpa mempertimbangkan harga dan manfaatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman perilaku pembelian impulsif di kalangan penggemar K-Pop di Indonesia. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian melalui studi fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap enam orang informan dari fandom Army dan NCTzens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa cinta dan loyalitas yang membuat para fans ini rela mengeluarkan uang dan waktunya bagi sang idola. Di sisi lain, penelitian menemukan bahwa mereka tidak merasa bahwa tindakannya impulsif atau sama sekali tidak membawa keuntungan karena produk K-Pop tersebut bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang dapat dijual kembali di masa depan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Belanja impulsif, pemaknaan, electronic word of mouth, fenomenologi. |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Rahel Siagian |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:19 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:19 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35462 |
Actions (login required)
View Item |