Graha Maria Annai Velangkanni ditinjau dari Estetika the Third Earl of Shaftesbury

Silaen, Marco (2023) Graha Maria Annai Velangkanni ditinjau dari Estetika the Third Earl of Shaftesbury. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Graha Maria Annai Velangkanni merupakan sebuah bangunan peribadatan umat Katolik yang beralamat pada beralamat pada Jalan Sakura III No.7-10, Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara 20135. Graha Maria Annai Velangkanni dibangun mirip dengan kuil di India. Bangunan ini pun memiliki arsitektur yang unik karena memiliki arsitektur Indo Mughal yang terlihat dalam tampilan dan ornamen bangunan. Dengan menggunakan konsep estetika The Third Earl of Shaftesbury, penulis mengkaji Apa itu Graha Maria Annai Velangkanni ditinjau dari estetika The Third Earl Of Shaftesbury. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Graha Maria Annai Velangkanni bukan merupakan suatu bangunan hasil inkulturasi budaya setempat, melainkan hasil akulturasi budaya Hindu India yang ditanamkan di Medan, Indonesia. Bangunan ini memiliki nilai keindahan karena padanya ditemukan aspek kepaduan, keseimbangan dan harmoni. Sebagai objek seni, bangunan Graha Maria Annai Velangkanni merupakan bangunan yang memiliki tiga tingkatan keindahan padanya, yakni tingkat jasmani, spiritual dan ilahi. Ketanpapamrihan yang merupakan salah satu konsep dalam estetika The Third Earl of Shaftesbury diperlukan dalam melihat dengan jujur nilai keindahan yang ada pada bangunan Graha Maria Annai Velangkanni. Setiap pengunjung yang bertindak sebagai objek pengamat dengan demikian harus “mengosongkan” berbagai intensinya pada bangunan graha sebelum ia berjumpa dengan bangunan graha. Aspek ketanpapamrihan pada bangunan Graha Maria Annai Velangkanni diperoleh melalui wawancara bersama pengunjung graha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Filsafat
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Trinarso, Agustinus Pratisto
NIDN0715027002
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Graha Maria Annai Velangkanni, kepaduan, keseimbangan, harmoni, ketanpapamrihan, tingkat keindahan.
Subjects: Philosophy
Divisions: Faculty of Philosophy > Philosophy Science Study Program
Depositing User: Marco Silaen
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:26
Last Modified: 04 Jul 2023 09:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35384

Actions (login required)

View Item View Item