Raharja, Amanda Amenuella (2023) Proses perkembangan konsep diri pada individu yang pernah mengalami represi kekidalan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (3).pdf Download (606kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4-0707.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (927kB) | Request a copy |
Abstract
Konsep diri merupakan referensi bagaimana individu memandang dirinya, tidak hanya secara fisik tapi juga pandangan terhadap akademik atau pekerjaan, dan perspektif sosial namun juga mengenai hal yang personal dalam hidup individu. Individu yang pernah mengalami represi kekidalan tentunya perlu memiliki konsep diri yang positif untuk dapat menjaga kesehatan mentalnya dari pengalaman negatif yang dialami. Pengalaman negatif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi konsep diri individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perkembangan konsep diri pada individu yang pernah mengalami represi kekidalan. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan peneliti, peneliti melakukan wawancara kepada dua informan yang merupakan seorang yang kidal, pernah mengalami represi kekidalan, serta memiliki konsep diri yang positif saat ini. Melalui pendekatan fenomenologi, didapatkan hasil penelitian bahwa kedua informan memiliki konsep diri yang positif saat ini di karenakan adanya pemaknaan yang dilakukan dengan positif terhadap pengalaman negatif seiring bertambahnya usia. Faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri kedua informan adalah kepercayaan terhadap kompetensi, pengalaman hidup, interaksi dengan lingkungan, serta citra diri. Perkembangan konsep diri kedua informan menjadi positif sangat dipengaruhi oleh dukungan keluarga saat berada pada jenjang pendidikan sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Engry, Agustina NIDN0718089102 agustina-engry@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri, kekidalan, represi kekidalan. |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Amanda Amenuella Raharja |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 06:52 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 06:52 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35258 |
Actions (login required)
View Item |