Proses perkembangan konsep diri pada individu yang pernah mengalami represi kekidalan

Raharja, Amanda Amenuella (2023) Proses perkembangan konsep diri pada individu yang pernah mengalami represi kekidalan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (3).pdf

Download (606kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4-0707.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy

Abstract

Konsep diri merupakan referensi bagaimana individu memandang dirinya, tidak hanya secara fisik tapi juga pandangan terhadap akademik atau pekerjaan, dan perspektif sosial namun juga mengenai hal yang personal dalam hidup individu. Individu yang pernah mengalami represi kekidalan tentunya perlu memiliki konsep diri yang positif untuk dapat menjaga kesehatan mentalnya dari pengalaman negatif yang dialami. Pengalaman negatif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi konsep diri individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perkembangan konsep diri pada individu yang pernah mengalami represi kekidalan. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan peneliti, peneliti melakukan wawancara kepada dua informan yang merupakan seorang yang kidal, pernah mengalami represi kekidalan, serta memiliki konsep diri yang positif saat ini. Melalui pendekatan fenomenologi, didapatkan hasil penelitian bahwa kedua informan memiliki konsep diri yang positif saat ini di karenakan adanya pemaknaan yang dilakukan dengan positif terhadap pengalaman negatif seiring bertambahnya usia. Faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri kedua informan adalah kepercayaan terhadap kompetensi, pengalaman hidup, interaksi dengan lingkungan, serta citra diri. Perkembangan konsep diri kedua informan menjadi positif sangat dipengaruhi oleh dukungan keluarga saat berada pada jenjang pendidikan sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Engry, Agustina
NIDN0718089102
agustina-engry@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, kekidalan, represi kekidalan.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Amanda Amenuella Raharja
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:52
Last Modified: 07 Jul 2023 06:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35258

Actions (login required)

View Item View Item