Pengaruh penggunaan song Joong Ki sebagai celebrity endorser terhadap minat beli konsumen produk skincare Scarlett di pulau Jawa-Bali

Kristiawati, Lidya (2023) Pengaruh penggunaan song Joong Ki sebagai celebrity endorser terhadap minat beli konsumen produk skincare Scarlett di pulau Jawa-Bali. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
LIDYA ABSTRAK rev.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
LIDYA BAB 1.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
LIDYA BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
LIDYA BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
LIDYA BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
LIDYA BAB 5.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LIDYA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori yang menyatakan bahwa celebrity endorser memberikan pengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan dengan fenomena Korean Hallyu berhasil mendapatkan perhatian untuk meningkatkan minat beli masyarakat dengan berujung pada aktivitas transaksi pembelian. Scarlett menggunakan Song Joong Ki untuk menjadi celebrity endorser karena memiliki segudang prestasi dalam dunia entertaint. Song Joong Ki diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi audience yang melihat iklan dari Scarlett. Celebrity endorser dinilai berdasarkan indikator trustworthiness, expertise, dan attractiveness. Sedangkan minat beli dinilai berdasarkan indikator minat transaksional, minat refrensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei yang pernyataan responden diukur dengan skala Likert. Pada penelitian ini diketahui juga bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, Hipotesis tersebut menunjukkan penggunaan Song Joong Ki sebagai celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Scarlett. Berdasarkan tabulasi silang, penggunaan celebrity endorser dianggap baik, responden tertinggi yaitu usia 15-20 tahun dengan jenis kelamin perempuan, berdomisili di Jawa Barat, memiliki Pendidikan terakhir SMA serta bekerja sebagai mahasiswa. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui terdapat pengaruh antara penggunaan Song Joong Ki sebagai celebrity endorser Scarlett terhadap minat beli konsumen produk skincare Scarlett di Pulau Jawa-Bali yaitu adanya hubungan yang kuat antara kedua variabel dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Celebrity endorser, song Joong Ki, scarlett whitening, minat beli
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Lidya Kristiawati
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:40
Last Modified: 22 Jun 2023 09:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35135

Actions (login required)

View Item View Item