Turbulensi dan anomali dalam communication privacy management: Studi netnografi pada komunitas broken home daily di telegram

Krisbiyanto, Zenaya Pasya Dynda (2023) Turbulensi dan anomali dalam communication privacy management: Studi netnografi pada komunitas broken home daily di telegram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK rev.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Broken Home Daily dibentuk karena adanya kebutuhan ruang interaksi bagi korban tindakan broken home agar mereka dapat menyampaikan pesan privasi yang berkaitan erat dengan cerita hidup serta pengalaman bersama dengan anggota komunitas lainnya. Penelitian kali ini berfokus untuk menguraikan serta mendeskripsikan proses manajemen privasi komunikasi yang terjadi melalui interaksi dan penyampaian pesan antar anggota dalam komunitas virtual Broken Home Daily pada platform media Telegram. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan metode netnografi, dimana peneliti ikut serta serta menjadi bagian dari anggota komunitas Broken Home Daily dan mengikuti semua budaya interaksi dan melakukan observasi mendalam dengan anggota serta admin komunitas Broken Home Daily. Peneliti menemukan adanya peleburan batasan privat menjadi batasan publik, dimana hal tersebut ditunjukkan melalui penyampaian pesan privasi aib keluarga secara bebas dan dilakukan atas keinginan anggota komunitas Broken Home Daily ini sendiri karena merasa memiliki latar belakang yang sama atau affinity communities. Selain itu, peneliti juga menemukan adanya turbulensi atau pelanggaran batasan privasi karena ketidakjelasan koordinasi batas yang dilakukan oleh anggota komunitas Broken Home Daily dalam menyampaikan pesan privasi berupa aib keluarga tersebut. Peneliti juga menyoroti adanya anomali antara admin dan anggota komunitas Broken Home Daily, dimana sosok admin sebagai fasilitator penyampaian pesan dalam komunitas Broken Home Daily memiliki latar belakang sebagai seorang difabel dan terkesan mengendalikan batas pribadi agar tidak banyak diketahui oleh publik. Pemaknaan tentang komunitas Broken Home Daily sebagai wadah bagi korban tindakan broken home untuk meluapkan emosi dan menyampaikan pesan privasi melalui platform Telegram, pada akhirnya diketahui bahwa media mampu untuk menggeser batasan privat menjadi batasan publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Broken home, communication privacy management, affinities communities, turbulensi dan anomali, pemaknaan.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Zenaya Pasya Dynda Krisbiyanto
Date Deposited: 26 Jun 2023 14:18
Last Modified: 26 Jun 2023 14:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35131

Actions (login required)

View Item View Item