Pengaruh event waktu Indonesia belanja tokopedia terhadap brand awareness aplikasi tokopedia pada pengguna e-commerce di Surabaya

Sebastian, Karel (2023) Pengaruh event waktu Indonesia belanja tokopedia terhadap brand awareness aplikasi tokopedia pada pengguna e-commerce di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
karel ABSTRAK skripsi.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (175kB)

Abstract

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrative marketing communication (IMC) dimana teori ini merupakan proses komunikasi yang mencakup perencanaan, pengembangan, integrasi, dan pelaksanaan berbagai bentuk komunikasi pemasaran (iklan, promosi, penjualan, publisitas, rilis, acara, dll.). Terdapat fenomena pada event Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang diselenggarakan oleh Tokopedia dengan audience yang lebih banyak mengenali kompetitor Tokopedia, seperti Shopee, karena ciri khas tertentu dari kompetitor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, dan metode survei. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Event WIB Tokopedia terhadap brand awareness aplikasi Tokopedia pada pengguna e-commerce di Surabaya. Indikator tertinggi pada karakteristik event yakni interaksi personal dimana hasil tiap pernyataan dinilai berhasil dengan mayoritas responden merasa dapat menikmati games berhadiah voucher yang disediakan pada event WIB Tokopedia. Indikator tertinggi pada brand awareness yakni top of mind dimana hasil tiap pernyataan dinilai berhasil dengan mayoritas responden langsung mengingat Tokopedia ketika mendengar kata diskon belanja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Briggita Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Event, brand awareness, tokopedia, IMC.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Karel Sebastian
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:09
Last Modified: 15 Jun 2023 06:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35017

Actions (login required)

View Item View Item