Laporan kerja praktek PT. Menara Jaya Lestari 1 Februari – 20 April 2023

Juanda, Kevina Tomiko (2023) Laporan kerja praktek PT. Menara Jaya Lestari 1 Februari – 20 April 2023. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Kevina Tomiko.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9] Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

PT. Menara Jaya Lestari adalah perusahaan yang memproduksi obat nyamuk bakar cap Kingkong Jumbo. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Balongbendo-Tarik No. 51, Kec. Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo yang merupakan PT. Wonokupang Plastik yang telah berhenti beroperasi kemudian dibeli oleh PT. Menara Jaya Lestari yang telah berdiri sejak tahun 2008. Secara garis besar, proses produksi di PT. Menara Jaya Lestari dibagi menjadi 8 proses, yaitu: proses penerimaan bahan baku, pembuatan larutan kalium nitrat, proses pembuatan masak onggok singkong, proses pembuatan adonan obat nyamuk bakar, proses pencetakan adonan, proses drying dengan menggunakan oven, proses sortir, dan proses packing.Dalam memproduksi obat nyamuk bakar, pabrik ini didukung oleh unit-unit utilitas. Unit utilitas yang digunakan oleh pabrik ini antara lain unit penyediaan air, listrik dan bahan bakar. Bahan bakar yang digunakan adalah batubara sebagai bahan bakar boiler untuk memanaskan oli yang merupakan elemen pemanas oven, serta solar sebagai bahan bakar untuk memanaskan air pada water heater. PT. Menara Jaya Lestari dipimpin oleh Kepala Pabrik yang dibantu oleh Kepala Operasional dan Kepala Non Operasional. Tugas Kepala Operasional adalah memantau dan memberi perintah kepada bagian produksi. Sementara tugas Kepala Non Operasional adalah memonitoring dan memberikan arahan kepada bagian administrasi, akuntansi dan keuangan. Tugas khusus yang diberikan adalah melakukan tes bioefikasi obat nyamuk bakar cap kingkong untuk dibandingkan dengan produk kompetitor dan tes viskositas tepung onggok untuk mengetahui apakah nilai viskositas tepung sudah sesuai standar perusahaan ataukah belum. Dari hasil percobaan bioefikasi, obat nyamuk bakar cap Kingkong Jumbo memiliki knockdown time yang paling cepat dibandingkan kompetitor. Obat nyamuk bakar yang memiliki knockdown dari yang paling cepat hingga terlama, secara berurutan mengandung: meperfluthrin 0,03%, d-allethrin 0,3%, dan esbiothrin 0,3% dengan waktu knockdown berturut-turut: 3 menit 29 detik, 4 menit 24 detik, dan 4 menit 26 detik. Pengukuran viskositas tepung onggok singkong yang memiliki kisaran dari 109.800 cP hingga 178.400 cP mengindikasikan bahwa persyaratan viskositas sudah memenuhi standar perusahaan yaitu berkisar dari 106.000 cP hingga 200.000 cP

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Lourentius, Suratno
NIDN0706045901
suratno.lourentius@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Kevina Tomiko Juanda
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:17
Last Modified: 14 Jun 2023 03:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34937

Actions (login required)

View Item View Item