Perbedaan kematangan sosial antara siswa TK yang tinggal bersama keluarga dan yang tinggal di panti asuhan

Wulandari, Dwi Agustini (2009) Perbedaan kematangan sosial antara siswa TK yang tinggal bersama keluarga dan yang tinggal di panti asuhan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas-tugas perkembangan usia anak-anak terkait dengan kematangan sosial yaitu kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Kematangan sosial ini penting bagi perkembangan seseorang karena dapat menjadi tolok ukur apakah perkembangan seseorang itu sudah sesuai dengan standar kemampuan sebayanya atau tidak. Kematangan sosial ini meliputi keterampilan bantu diri, keterampilan bantu sosial, keterampilan bermain, dan keterampilan berbicara. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kematangan sosial anak adalah lingkungan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan dua macam lingkungan yang memiliki karakteristik yang berbeda yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan panti asuhan. Subjek penelitian ini (N=24) adalah siswa TK yang tinggal bersama keluarga (N=12) dan siswa TK yang tinggal di panti asuhan (N=12). Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini ada dua macam yaitu total population study untuk siswa TK yang tinggal di panti asuhan, dan quota sampling untuk siswa TK yang tinggal bersama keluarga. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik t-tes sampel independen. Dari hasil analisis t-tes sampel independen didapatkan koefisien (t) sebesar 3,864 dan p=0,001 (p<0,05) yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kematangan sosial antara siswa TK yang tinggal bersama keluarga dan siswa TK yang tinggal di panti asuhan, dimana siswa yang tinggal di panti asuhan memiliki kematangan sosial yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kematangan sosial, siswa TK, keluarga dan panti asuhan.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2015 02:37
Last Modified: 17 Nov 2015 02:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3478

Actions (login required)

View Item View Item