Analisis isi pesan promosi instagram @cinema 21 dan @cgv.id pada bulan desember 2021

Sungkono, Reynard Evanvirya (2023) Analisis isi pesan promosi instagram @cinema 21 dan @cgv.id pada bulan desember 2021. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK REV.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 .pdf

Download (700kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 (2).pdf

Download (486kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Pesan merupakan unsur penting dalam promosi, karena pesan bisa membangun arti dalam perusahaan untuk masyarakat. Dengan perkembangan teknologi, promosi melalui media sosial merupakan alternatif bagi para pengusaha yang mengalami kesulitan di saat pandemic. Salah satunya adalah perusahaan bioskop Cinema21 dan CGV dimana mengalami penutupan selama pandemic, juga muncul pesaing baru yaitu OTT seperti Netflix dan Disney + yang meningkat pada saat pandemic. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi pesan promosi yang dilakukan oleh perusahaan bioskop Cinema21 dan CGV pada akun Instagramnya. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Isi dengan pendekatan kuantitatif dan memakai beberapa Indikator yaitu, 4 demensi konten,Message Sideness, Order Of Presentation, dan Jenis Copywriting, dari 4 demensi konten. Dalam penelitian ini peneliti berasumsi bahwa keduanya memiliki ciri khas dalam pesan promosi seperti warna, informasi yang diberikan, dan penulisan caption hal ini dikarenakan keduanya memiliki segmentasi pasar yang berbeda cinema 21 umur 18-23 dan cgv umur 10-19 tahun, akan tetapi keduanya menggunakan strategi yang sama yaitu, Offering Mix dalam konten gambar, untuk Message Sideness keduanya menggunakan One Sided dalam Caption-nya, dalam Order Of Presentation Keduanya juga menggunakan Antiklimax, dan untuk penyusunan pesan keduanya juga menggunakan Primacy, dan pada jenis copywriting keduanya juga menggunakan straightforward copy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN02940725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis isi , pesan promosi , cinema21 , CGV, instagram
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Reynard Evanvirya Sungkono
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:42
Last Modified: 01 Nov 2023 04:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34644

Actions (login required)

View Item View Item