Pengaruh debt maturity, kepemilikan asing dan agency cost terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI

Saputra, Michael Ardi (2023) Pengaruh debt maturity, kepemilikan asing dan agency cost terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Debt Maturity, Kepemilikan Asing dan Agency Cost Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah regresi berganda, dengan menggunakan program IBM SPSS 23. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data-data terkait ringkasan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 perusahaan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Perusahaan digolongkan dalam beberapa kriteria yaitu, perusahaan manufaktur harus terdaftar di BEI pada periode 2019-2021, harus mengeluarkan laporan keuangan secara periodik selama periode pengamatan berlangsung, menyajikan laporan keuangannya dalam mata uang rupiah, harus memiliki laba yang positif selama periode penelitian berlangsung, dan harus memiliki data yang lengkap serta, sesuai dengan variabel yang dibutuhkan selama periode pengamatan berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt maturity berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agency cost tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini dikarenakan proporsi agency cost yang rendah dan prinsipal mampu mengendalikan dengan baik perilaku manajer, sehingga tingkat efektivitas operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
J. Th. Budianto, .
NIDN0716036101
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Mokoginta, Dirgantara Dahan
NIDN0722129202
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Debt maturity, kepemilikan asing, agency cost, kinerja keuangan, ROE
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12223 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:17
Last Modified: 08 Mar 2023 07:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33835

Actions (login required)

View Item View Item