Pengaruh mekanisme pengamanan whistleblower, relasi superior-subordinat, dan jenis tindakan kecurangan pada niat untuk melaporkan kecurangan kepada manajer

Dewata, Mary Grace Alfa Tiara Sekar (2023) Pengaruh mekanisme pengamanan whistleblower, relasi superior-subordinat, dan jenis tindakan kecurangan pada niat untuk melaporkan kecurangan kepada manajer. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Kasus kecurangan masih sering terjadi di Indonesia dan masih banyak yang tidak dapat diungkapkan karena beberapa faktor salah satunya adalah personal cost yang akan diterima whistleblower. Untuk dapat mengurangi dan mencegah dampak buruk yang akan diterima, perusahaan wajib mempunyai mekanisme pengamanan whistleblower untuk dapat melindungi whistleblower. Tidak hanya perlindungan, namun juga kepercayaan terhadap manajer juga sangat penting, sehingga setiap manajer untuk dapat membangun relasi superior-subordinat yang tinggi. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain eksperimen 2x2x2 between subjects bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari mekanisme pengamanan whistleblower, relasi superior-subordinat, dan jenis tindakan kecurangan terhadap niat untuk melaporkan kecurangan kepada manajer. Metode pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan google form, dimana data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan pengujian Levene’s Test, Univariate ANOVA, dan Univariate ANCOVA. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa dengan adanya mekanisme pengamanan whistleblower mempengaruhi niat untuk melaporkan kecurangan karena dengan adanya perlindungan, whistleblower tidak perlu khawatir mengenai dampak yang akan diterimanya. Relasi superior-subordinat juga berpengaruh terhadap niat seseorang untuk melaporkan kecurangan karena rasa kepercayaan subordinat terhadap superior menjadi alasan utama meningkatnya niat untuk melaporkan kecurangan. Mekanisme pengamanan whistleblower tidak dapat terbukti memoderasi relasi superior-subordinat dengan niat untuk melaporkan kecurangan. Hal tersebut karena kedua hal tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap niat melaporkan kecurangan. Jenis kecurangan juga terbukti mempengaruhi niat seseorang untuk melaporkan kecurangan karena penyalahgunaan aset lebih mudah untuk dilaporkan dan ditemukan dibandingkan dengan kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulia, Teodora Winda
NIDN0710127702
winda@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Mekanisme pengamanan whistleblower, relasi superior-subordinat, jenis tindakan kecurangan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12084 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:16
Last Modified: 08 Mar 2023 07:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33404

Actions (login required)

View Item View Item