Studi kuantitatif deskriptif tentang safety behavior pada mahasiswa yang melakukan praktikum di laboratorium kimia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Puspitasari, Maria Angellina Cindhy (2022) Studi kuantitatif deskriptif tentang safety behavior pada mahasiswa yang melakukan praktikum di laboratorium kimia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Laboratorium Kimia menjadi salah satu fasilitas penunjang pembelajaran di perguruan tinggi. Melalui laboratorium kimia, banyak penemuan yang ditemukan sehingga dunia pendidikan dapat berkembang. Akan tetapi, berbagai ancaman dapat timbul apabila mahasiswa mengabaikan keselamatannya salah satunya terjadi kecelakaan didalam laboratorium. Kecelakaan kerja sendiri sebenarnya dapat dihindari jika individu mau untuk membangun serta meningkatkan keselamatan di lingkungannya. Salah satu aspek psikologi yang dapat membantu mahasiswa untuk berperilaku aman lebih dikenal dengan Safety Behavior. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan safety behavior dikalangan universitas, khususnya Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Safety behavior memiliki 2 aspek yaitu safety compliance dan safety participation. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Responden yang digunakan yaitu mahasiswa dari Fakultas Farmasi, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Teknik jurusan Teknik Kimia dengan total responden sebanyak 137 responden. Pemilihan informan menggunakan teknik accidental sampling, dimana peneliti mengambil responden yang kebetulan ada disuatu tempat dan memenuhi kriteria peneliti. Hasil dari penelitian ini yaitu safety behavior dikalangan mahasiswa tergolong tinggi. Pada aspek safety compliance juga memiliki kategori yang sangat tinggi dan aspek safety participation berada di kategori tinggi. Artinya, mahasiswa memiliki safety behavior yang tinggi, baik dilihat dari aspek safety compliance dan safety participation, sehingga dapat dikatakan bahwa mahasiswa tersebut mematuhi peraturan yang telah ditetapkan dan juga berpartisipasi dalam menjaga keselamatan di dalam laboratorium.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Desak
NIDN0726108203
desakdewi@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: safety behavior, laboratorium kimia, mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 11795 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:35
Last Modified: 17 Jan 2023 07:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33328

Actions (login required)

View Item View Item