Gambaran psychological capital pada individu yang membuka usaha di masa pandemi Covid-19

Lasmi, Maria Mediatrix Davitia (2022) Gambaran psychological capital pada individu yang membuka usaha di masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak 2019, banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang tutup dan memutuskan hubungan kerja kepada karyawan nya. Tentunya hal itu menjadikan banyak masyarakat yang membuka lahan usaha sendiri. Namun dalam membangun sebuah usaha tidak hanya dibutuhkan materi saja tapi juga modal psikologis yang kuat dalam menghadapi tantangan serta hambatan yang ada. Modal psikologis dalam psikologi dinamakan psychological capital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psychological capital pada individu yang membuka usaha dimasa pandemi covid-19. Psychological capital memiliki 4 aspek utama yaitu: hope, self-efficacy, resilience, dan optimism. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi yang menggunakan teknik analisis data deduktif. Informan dalam penelitian ini adalah mereka yang berusia 22 tahun keatas, pemilik usaha mikro, kecil dan menengah dan yang mendirikan usaha minimal 1 tahun dimasa pandemi. Informan dipilih menggunakan teknik purposive, dimana informan didapatkan berdasarkan kriteria tertentu. Hasil dari penelitian ini pada ketiga informan memiliki adanya ke-empat aspek pada psychological capital yaitu hope, self-efficacy, resilience dan optimism. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pentingnya psychological capital untuk dimiliki oleh pemilik usaha maupun individu yang mau membuka usaha. Pada gambaran ketiga informan juga ditemukan bahwa adanya faktor dan dukungan yang mempengaruhi psychological capital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Effendy, Nurlaila
NIDN0702026606
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: psychological capital, pandemi covid-19, individu yang membuka usaha
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 11901 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:07
Last Modified: 17 Jan 2023 03:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33068

Actions (login required)

View Item View Item