Salem, Aurelia Vanessha (2022) Hubungan antara self-esteem dengan kemandirian pada anak asrama SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (255kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
Abstract
Asrama adalah fasilitas tempat tinggal yang disediakan oleh sebuah sekolah. Dengan tinggal di asrama, murid dituntut untuk memiliki kemandirian. Namun tidak semua murid yang tinggal di asrama dapat segera menunjukkan kemandiriannya. Hal ini diduga berhubungan self-esteem karena self-esteem berperan penting dalam perkembangan kemandirian individu. Penelitian ini dilakukan untuk melihat ada tidaknya hubungan yang signifikan antara self-esteem dengan kemandirian pada anak asrama. Partisipan pada penelitian berjumlah 68 orang murid kelas XI di SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu mewajibkan muridnya untuk tinggal di asrama. Data penelitian ini diambil dari seluruh murid (total population). Siswa mengisi kuesioner secara daring dengan menggunakan skala Adolescent Autonomy Questionnaire (AAQ) dan Rosenberg Self-esteem Scale (RSES). Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan teknik korelasi non-parametrik Kendall tau-b ditemukan bahwa self-esteem memiliki hubungan yang signifikan dengan kemandirian dengan nilai 0,488 dan p= 0,000. Semakin tinggi self-esteem yang dimiliki oleh murid di asrama maka akan semakin tinggi pula tingkat kemandiriannya, demikian pula sebaliknya. Hal ini menunjukkan pentingnya self-esteem terhadap perkembangan kemandirian murid asrama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Sumargi, Agnes Maria NIDN0712047302 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Self-esteem, kemandirian, anak asrama |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 11898 not found. |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 06:24 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 06:24 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33000 |
Actions (login required)
View Item |