Hubungan antara self-esteem dengan kemandirian pada anak asrama SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Salem, Aurelia Vanessha (2022) Hubungan antara self-esteem dengan kemandirian pada anak asrama SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy

Abstract

Asrama adalah fasilitas tempat tinggal yang disediakan oleh sebuah sekolah. Dengan tinggal di asrama, murid dituntut untuk memiliki kemandirian. Namun tidak semua murid yang tinggal di asrama dapat segera menunjukkan kemandiriannya. Hal ini diduga berhubungan self-esteem karena self-esteem berperan penting dalam perkembangan kemandirian individu. Penelitian ini dilakukan untuk melihat ada tidaknya hubungan yang signifikan antara self-esteem dengan kemandirian pada anak asrama. Partisipan pada penelitian berjumlah 68 orang murid kelas XI di SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu mewajibkan muridnya untuk tinggal di asrama. Data penelitian ini diambil dari seluruh murid (total population). Siswa mengisi kuesioner secara daring dengan menggunakan skala Adolescent Autonomy Questionnaire (AAQ) dan Rosenberg Self-esteem Scale (RSES). Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan teknik korelasi non-parametrik Kendall tau-b ditemukan bahwa self-esteem memiliki hubungan yang signifikan dengan kemandirian dengan nilai 0,488 dan p= 0,000. Semakin tinggi self-esteem yang dimiliki oleh murid di asrama maka akan semakin tinggi pula tingkat kemandiriannya, demikian pula sebaliknya. Hal ini menunjukkan pentingnya self-esteem terhadap perkembangan kemandirian murid asrama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sumargi, Agnes Maria
NIDN0712047302
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self-esteem, kemandirian, anak asrama
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 11898 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:24
Last Modified: 16 Jan 2023 06:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33000

Actions (login required)

View Item View Item