Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia

Manungkalit, Maria, Sari, Ni Putu Wulan Purnama and Prabasari, Ninda Ayu (2021) Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia. Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia, 7 (1). pp. 34-40. ISSN eISSN : 2502-2083; pISSN : 2443-4019

[thumbnail of Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia] Text (Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia)
7-Fungsi_kognitif_dengan_.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia_peer_review_] Text (Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia_peer_review_)
7-R1&2-Fungsi_kognitif_dengan_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia] Text (Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia)
7-Fungsi_kognitif_dengan_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia] Text (Fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia)
8-Fungsi_kognitif_dengan_kualitas_hasil cek similarity-yg ini.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan bertambahnya usia yang menjadi tua, banyak kemunduran yang akan dialaminya salah satu adalah fungsi kognitif. Fungsi kerja otak dalam proses mengingat atau mengembalikan memori atau daya ingat merupakan bagian dalam kerja fungsi kognitif. Apabila fungsi kerja tersebut tidak dapat berfungsi maksimal maka akan mempengaruhi aktivitas atau kegiatan sehari-hari yang akan berdampak pada kualitas hidup lansia. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan fungsi kognitif dengan kualitas hidup lansia. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah lansia yang tinggal di salah satu panti werdha di Surabaya yang berjumlah 150 orang. Jumlah sampel yang didapat berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dalam penelitian ini sebanyak 145 responden. Alat ukur yang digunakan pada variabel independen fungsi kognitif adalah kuesioner Mini Mental State Exam (MMSE) sedangkan variabel dependen kualitas hidup adalah Older People Quality of Life (OPQOL). Hasil didapat sebagian besar lansia memiliki fungsi kognitif normal dengan kualitas hidup mayoritas cukup. Dilakukan uji analisa menggunakan Spearman’s Rho (α<0,05) dan didapat hasil ada hubungan fungsi kognitif dengan kualitas hidup lansia dengan nilai p value 0.008. Proses menua mengalami penurunan atau kemunduran fungsi kognitif dan akan berdampak terhadap kualitas hidupnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fungsi Kognitif, Kualitas Hidup, Lansia
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:31
Last Modified: 04 Aug 2023 07:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32959

Actions (login required)

View Item View Item