Strategi komunikasi publik Dinas Kominfo Nusa Tenggara Timur melalui media

Fernandez, Maria Angela (2022) Strategi komunikasi publik Dinas Kominfo Nusa Tenggara Timur melalui media. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of communication science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Instansi pemerintahan yang bergerak di bidang komunikasi dan informasi, memiliki peranan penting dalam memberikan keterbukaan informasi kepada khalayaknya yakni masyarakat, membuat strategi komunikasi publik menjadi kunci dalam kegiatan menyebarkan informasi secara terbuka dan trasnparan. Hubungan masyarakat (Humas) bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan kegiatan komunikasi publik ini, tidak hanya sebagai penyedia informasi namun juga sebagai penghubung antara lembaga pemerintahan yang diwakilinya dan masyarakat luas. Berbagai cara dilakukan demi tercapainya komunikasi publik yang baik kepada masyarakat, salah satunya yakni dengan melaksanakan strategi Humas sebagai bentuk tanggung jawab dan peran seorang Humas. Strategi Humas dalam mencapai keterbukaan informasi publik dilakukan Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari beberapa hal, melaksanakan kegiatan publikasi, event, membuat berita, menjalin hubungan dengan masyarakat, bekerja sama dengan instansi atau lembaga lain, serta melakukan kegiatan sosial berguna untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan keterbukaan informasi publik dan menerima aspirasi publik sebagai bentuk hubungan baik dengan masyarakat luas.Pelaksanaan keterbukaan informasi publik dan pelayanan komunikasi publik, Humas Dinas Kominfo Provinsi NTT membutuhkan media sebagai sarana atau alat dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan kepada masyarakat baik media cetak maupun media sosial seperti menyediahkan ruang terbuka untuk memperoleh dokumen pemerintah melalui Website, Instagram, Facebook, dan Youtube. Setiap strategi komunikasi publik yang dilakukan bertujuan untuk membantu Kantor Dinas Kominfo Provinsi NTT menyebarkan informasi, menciptakan hubungan baik dengan lembaga lain dan masyarakat. Pengalaman yang penulis dapatkan melalui magang di Kantor Dinas Kominfo Provinsi NTT yaitu dapat memberikan wawasan bekerja di bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi publik, humas, media
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 11666 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:15
Last Modified: 21 Oct 2022 05:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32315

Actions (login required)

View Item View Item